Zipmex, Bappebti, dan ABI ungkap beberapa tren industri kripto 2023, apa saja?

- 10 Februari 2023 - 16:22

digitalbank.id – Zipmex, platform kripto terkemuka di kawasan Asia Pasifik, membagikan roadmap 2023 dan outlook kripto dalam acara Zipmex Crypto Outlook 2023. Ada beberapa tren yang mesti diperhatikan di industri kripto.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Bappebti, Yovian Andri P. (Koordinator Perumusan Peraturan Perundang-undangan dan Pelayanan Hukum) dan Rio Ramadhani, S.H. (Subkoordinator Perumusan Peraturan Perundang-undangan) serta partisipasi dari Asih Karnengsih, Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia (A-B-I).

Laporan dari Data Reportal menunjukkan industri kripto bergerak membaik pada Januari 2023. Nilai Bitcoin naik lebih dari 35 persen sejak awal 2023 dan data NonFungible menunjukkan bahwa ada sedikit peningkatan dalam perdagangan NFT pada awal 2023.

Sementara itu di Indonesia, CoinFolks Crypto Research mengatakan, pergerakan BTC dan ETH cenderung bearish di tahun 2022. Namun, riset tersebut juga membagikan beberapa prediksi kripto untuk tahun 2023 melalui beberapa skenario.

Salah satunya adalah skenario Bitcoin yang berpotensi bullish ke harga US$48.000 pada tahun 2023. Selain itu, disebutkan bahwa industri kripto akan mengalami sideways, kondisi yang mirip dengan siklus 4 tahun Bitcoin.

Erdina Oudang, Head of Public Policy, Zipmex Indonesia mengatakan Zipmex memiliki misi untuk menjadi gerbang aset digital paling terpercaya di Asia Tenggara.

“Terlepas dari fluktuasi industri kripto pada tahun 2022, kami telah berhasil pulih dari masa yang sulit dan berhasil mengembalikan aset pelanggan serta beroperasi kembali sembari tetap melakukan peningkatan pada lini bisnis dan produk yang kami miliki,” katanya melalui siaran pers yang diterima Jumat (10/2).

Dalam beberapa bulan ini, Zipmex telah menunjukkan komitmennya. Perusahaan telah mengaktifkan kembali akses Z Wallet secara keseluruhan untuk pelanggan dan membuka kembali platform exchange kriptonya, menjadikan lebih dari 90 aset digital dapat kembali diperdagangkan bagi seluruh pengguna Zipmex di Indonesia.

“Proses pemulihan bisnis serta memastikan keamanan aset pelanggan akan terus berlanjut sebagai bagian dari prioritas roadmap kami. Kami juga bekerja sama dengan Bappebti dan A-B-I untuk mendukung pertumbuhan industri dan membangun ekosistem cryptocurrency yang sehat di Indonesia,” jelas Erdina.

Plt Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko dalam sambutan yang disampaikan oleh Koordinator Bidang Perumusan Peraturan Perundang-Undangan dan Pelayanan Hukum Yovian Andri P menyampaikan bahwa manajemen Zipmex cukup kooperatif selama masa-masa penyelesaian permasalahan yang lalu, terutama dalam melindungi data dan dana pengguna serta mengembalikan kepercayaan para Pelanggannya.

“Kami senantiasa bekerja sama dengan Zipmex untuk menemukan solusi terbaik dalam menyelesaikan isu dan tantangan yang dihadapi oleh Zipmex. Seperti yang dapat kita lihat saat ini, Zipmex telah mulai melakukan langkah perbaikan ke arah yang lebih baik dan beroperasi seperti biasa. Transaksi pengguna juga mulai lancar dan dalam waktu dekat Zipmex juga akan kembali membuka registrasi bagi pengguna baru. Kami juga melihat dan mengapresiasi komitmen serta usaha Zipmex dalam memenuhi ketentuan baru Bappebti. Kami berharap Zipmex akan memberikan kontribusi bagi aset kripto dan industri blockchain di masa depan,” ujarnya.

Asih Karnengsih, Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia mengatakan bahwa pulihnya Zipmex menunjukkan pertumbuhan pasar aset kripto di Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa asosiasi akan berkomitmen penuh untuk mendukung platform exchange di Indonesia, salah satunya Zipmex, yang telah menyediakan edukasi kripto di website resmi dan platform media sosial untuk meningkatkan literasi kripto masyarakat.

“2022 adalah tahun yang menarik bagi saya dan menurut saya untuk semua pemangku kepentingan di pasar kripto. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari peristiwa yang terjadi di tahun 2022, baik bagi regulator, exchanger, pengguna, maupun investor. Inilah salah satu alasan mengapa Bulan Literasi Aset Kripto penting. Selama bulan ini, kami merayakan Bulan Literasi Aset Kripto yang didukung oleh Kementerian Perdagangan dan Otoritas Perdagangan Berjangka Komoditi,” tambahnya.

Selain itu, Zipmex, Bappebti, dan A-B-I juga turut menyampaikan pandangan mereka terkait tren di industri kripto pada tahun 2023, antara lain:

–  Regulasi yang mengatur decentralized finance (DeFi) akan mendorong kepercayaan dan tingkat adopsi
–  Pasar kripto global diprediksi akan tetap mendatar pada tahun 2023,
– Stablecoin, Bitcoin, dan Ethereum yang memiliki utilitas tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar tetap menjadi alternatif sebelum implementasi CBDC (Central Bank Digital Currency) meluas,
– Infrastruktur ekosistem cryptocurrency, seperti bursa, wallet, dan jaringan akan meningkat dan menjadi lebih mudah digunakan, dan
– Antusiasme positif yang ditunjukkan oleh pemerintah terhadap blockchain dan crypto merupakan tanda positif bagi pertumbuhan dan perkembangan industri di tanah air.

Acara ini merupakan awal bagi Zipmex dalam mencapai tujuan dan mendukung perkembangan industri kripto di Indonesia. Sebagai exchanger, Zipmex akan selalu mematuhi peraturan dan berkomitmen untuk memberikan edukasi terkait adopsi dan penggunaan blockchain serta kripto di kawasan Asia Pasifik.

Zipmex berharap akan lebih banyak lagi kolaborasi yang dilakukan oleh semua pihak di industri kripto guna mengakselerasi ekosistem kripto yang baik di Indonesia. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.