Tambah modal inti, MNC Bank terus tingkatkan layanan perbankan digital MotionBanking

- 16 Januari 2022 - 12:00

MNC Bank memiliki dua elemen mendasar dalam setiap langkah pengembangan Motion, yaitu bagaimana nasabah lebih nyaman, aman, dan cepat menyelesaikan transaksinya serta bagaimana Motion dapat bersinergi dengan berbagai unit bisnis MNC Group.

digitalbank.id – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) dalam informasi pekan ini mengungkapkan akan menerima setoran modal dari pemegang saham atau perusahaan lain untuk memenuhi kewajiban modal sebesar Rp3 triliun yang telah ditetapkan otoritas keuangan tahun ini.

“Bank MNC berkomitmen penuh memenuhi ketentuan modal inti minimal minimal Rp3 triliun pada tahun 2022. Dengan memenuhi ketentuan modal inti minimum, kinerja operasional dan keuangan perseroan akan meningkat seiring dengan modal inti,” ujar Presdir MNC Bank Mahdan, Rabu (13/ 1).

Menurut dia, MNC Bank akan menerapkan tata kelola perusahaan dan manajemen risiko secara baik. Salah satunya, melalui penyaluran kredit yang mempertimbangkan prinsip kehati-hatian. Kemudian fokus meningkatkan dana murah untuk menurunkan biaya sehingga meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan selanjutnya akan memaksimalkan laba bersih.

Baca juga: Rights issue Bank Ina perkuat strategi perusahaan menerapkan digitalisasi dalam proses bisnis

“Semua strategi itu dibarengi peningkatan aktivitas layanan perbankan digital MotionBanking,” kata Mahdan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Juni 2021 mengatakan PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank telah resmi menjadi bank dengan layanan perbankan digital (digital banking) melalui MotionBanking. MNC Bank telah mendapatkan izin OJK untuk menjalankan layanan perbankan digital sejak Mei 2021.

 

MNC Bank juga memiliki nilai lebih karena merupakan bagian dari MNC Group. Sinergi MNC Bank dengan ekosistem MNC Group memungkinkan MNC Bank tidak hanya menjangkau pengguna smartphone , menurut data Kemkominfo mencapai 167 juta, tetapi juga mengubah ratusan juta pengguna (user base) MNC Group Motion.

Baca juga: Selain tambah modal, right issue Bank Nobu juga bisa dukung transformasi digital

Saat ini aplikasi Motion sudah dapat digunakan nasabah simpanan ataupun kartu kredit MNC Bank. Mulai dari transfer rekening, top up e-wallet terkemuka, pembayaran tagihan telepon, asuransi, hingga kartu kredit, serta pengajuan cicilan kartu kredit dengan bunga 0 persen atau bunga rendah kini dapat dilakukan dengan mudah berkat Motion.

Selain itu, nasabah juga tidak lagi direpotkan dengan password karena login dapat dilakukan dengan fitur biometrik login yang aman dan nyaman. Untuk memperkuat sinergi dengan MNC Group, MNC Bank akan fokus pada pengembangan layanan perbankan digital serta open banking dari aplikasi Motion.

Sebelum Mahdan mengatakan Motion dapat menjadi layanan perbankan digital karena terdepan karena tidak ada pada kekuatan teknologi perbankan saja.

Baca juga: Fenomena perang tech talent di industri bank digital mulai terlihat di Allo Bank

“MNC Bank memiliki dua elemen mendasar dalam setiap langkah pengembangan Motion, yaitu bagaimana nasabah lebih nyaman, aman, dan cepat menyelesaikan transaksinya serta bagaimana Motion dapat bersinergi dengan berbagai unit bisnis MNC Group,” ungkap Mahdan.

Bank MNC telah memenuhi kewajiban modal inti minimal Rp 2 triliun selama tahun 2021. Pemenuhan modal inti ini dilakukan melalui Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD), eksekusi Waran 4 dan 5. Kemudian dana setoran modal dari pemegang saham pengendali. Per 31 Desember 2021 modal inti perseroan sebesar Rp2,03 triliun. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.