Sudah 50% pelaku pinjol yang mulai mencetak laba

- 17 Maret 2023 - 15:09
Sebagian besar bank telah mengubah cara pandang terhadap ekosistem dan mengubah konsep close banking menjadi open banking.

digitalbank.id – PINJOL (pinjaman online) terus berbenah. Catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terbaru, sebanyak 50 persen pemain di industri financial technology peer-to-peer (fintech P2P) lending mulai membalikkan kinerja dengan mendulang profit. Kepala Departemen Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Triyono mengatakan industri fintech P2P lending mulai mengalami perbaikan kinerja.

“Secara umum, saya melihat perbaikan kondisi karena sudah ada lebih dari 50 persen pelaku yang sudah profitable di fintech P2P lending,” ujar Triyono usai acara bertajuk International Seminar on Promoting Digital Finance Inclusion for Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) Through the Use of Credit Scoring di Hilton Bali Resort, Nusa Dua, Bali, dikutip Jumat (17/3/2023).

Periode Januari 2023 yang dipublikasikan OJK menunjukkan fintech lending mampu membukukan laba bersih senilai Rp50,48 miliar pada Januari 2023. Kondisi ini berbeda dengan posisi yang sama tahun sebelumnya, di mana fintech lending terpantau masih mengalami kerugian sebesar Rp16,14 miliar.

Comments are closed.