SkorLife kantongi pendanaan US$2,2 juta untuk bangun sistem kredit yang lebih baik

- 5 September 2022 - 14:01

(Kiri ke Kanan) Pendiri dan CEO SkorLife Ongki Kurniawan, Pendiri dan COO SkorLife Karan Khetan.

digitalbank.id – Startup teknologi bidang kredit yang berbasis di Indonesia, SkorLife berhasil meraih pendanaan senilai US$2,2 juta dalam putaran pendanaan tahap awal dari sejumlah investor terkemuka.

AC Ventures berpartisipasi dalam putaran pendanaan tersebut, bersama dengan Saison Capital, dan sejumlah angel investor ternama di Asia. Dana segar ini akan dialokasikan untuk pengembangan produk, perekrutan karyawan baru, dan upaya meningkatkan kesadaran publik.

Para angel investor yang bergabung dalam putaran pendanaan ini merupakan para pendiri perusahaan terkemuka, seperti OneCard (FPL Technologies), Jefferson Chen (Advance.ai), Willy Arifin (KoinWorks), Krishnan Menon (Lummo), Arip Tirta (Evermos), Harshet Lunani (Qoala), Achmad Zaky (Init-6), dan beberapa eksekutif dari Northstar Group, Stripe, Google, Boston Consulting Group, Gojek, dan CreditKarma.

Keunikan SkorLife di pasar lokal terletak pada kemampuan startup ini dalam membangun ‘category builder’ dalam kredit konsumen. Pasalnya, pada tingkat konsumen dan institusi, kelayakan kredit (creditworthiness) belum dimanfaatkan dengan baik di Indonesia.

Hingga saat ini, bank dan institusi keuangan lain sangat mengandalkan kelayakan pendapatan (income worthiness) ketika memutuskan untuk memberikan kredit kepada calon peminjam atau tidak.

Untuk mengatasi hal ini, SkorLife bertujuan untuk memberikan kontrol kembali kepada konsumen dengan membuat mereka mengambil peran aktif dalam membangun dan mempertahankan nilai kredit mereka.

SkorLife membuat aplikasi pembangun kredit bagi orang-orang untuk mengakses dan memantau skor kredit, laporan kredit, dan data relevan lainnya dari biro kredit – secara instan dan gratis. SkorLife juga menawarkan mekanisme untuk membantu konsumen membantah informasi yang tidak akurat pada laporan kredit mereka.

Untuk konsumen yang sudah memiliki riwayat kredit, SkorLife akan membantu mereka mengakses dan meningkatkan skor mereka. Bagi mereka yang belum memiliki riwayat kredit (lulusan baru, pekerja lepas, pekerja konten, dll), aplikasi SkorLife akan membantu mereka untuk mulai membangun skor kredit mereka.

Dalam dua skenario tersebut, SkorLife menawarkan tips berbasis AI yang terpersonalisasi guna membantu pengguna dalam membuka akses kredit yang lebih luas.

Tanpa pesaing langsung di pasar, SkorLife beroperasi di ruang ‘ladang hijau’. Pasalnya, Indonesia saat ini memiliki 92 juta catatan kredit di biro-bironya.

Sementara itu, sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini tidak memiliki akses terhadap informasi tersebut. SkorLife mengharapkan sekitar 2,5 juta pengguna New to Credit (NTC) per tahun ke depan.

Para Pendiri SkorLife adalah Veteran Terkemuka di Ekosistem Teknologi Lokal
CEO SkorLife Ongki Kurniawan merupakan mantan Country Head di Stripe Indonesia.

Sebelumnya, Ongki menjabat sebagai Executive Director di Grab, Managing Director di LINE, dan menjabat berbagai posisi senior di XL Axiata, BCG, dan beberapa perusahaan ternama lain. Sementara, COO SkorLife Karan Khetan adalah salah satu pendiri di 5x, BookMyShow Southeast Asia, Lamudi, mantan MD di Rocket Internet, dan masih banyak lagi.

“SkorLife adalah perusahaan pembangun kredit pertama di Indonesia. Meskipun ini masih awal, namun SkorLife telah menjadi perusahaan yang menentukan kategori. Tekad kami diperkuat dan divalidasi oleh kepercayaan kolektif dari para investor awal kami. Dengan jaringan dan pengetahuan mereka, SkorLife berada di posisi yang tepat untuk memimpin muatan kredit konsumen di tanah air,” jelas Ongki.

“Melalui layanan kami, individu dapat membangun dan meningkatkan profil kredit mereka dengan fitur-fitur, seperti tip dan saran yang dipersonalisasi. Kami juga akan membantu membawa lebih banyak pengguna NTC ke dalam flip.”

Karan menambahkan, “kami memecahkan masalah yang sebenarnya. Kami telah mengumpulkan umpan balik dari ratusan pengguna, dan kami melihat kesenjangan yang jelas dalam siklus hidup kredit di Indonesia.

SkorLife adalah satu-satunya layanan pemantauan kredit yang berfokus pada konsumen, gratis, instan, dan layanan pemantauan kredit berbasis seluler. Saat ini, orang Indonesia tidak mengetahui pinjaman yang mereka miliki atau bahkan tidak merencanakan kelayakan kredit mereka.

Akses ke kredit yang ‘benar’ akan menjadi bagian besar dari percakapan selanjutnya. Kami percaya, SkorLife akan berperan penting dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan di negara ini.”

Saat ini, SkorLife memiliki 19 karyawan, dengan rencana peningkatan menjadi 40 karyawan dalam tim mereka. Iterasi pribadi aplikasi (alpha) telah diunduh lebih dari 3.000 kali, dan bertambah 50 hingga 60 pengguna baru per hari secara organik. Statistik adopsi pribadi ini melampaui target internal SkorLife sebanyak lebih dari 7x. Perusahaan akan segera membuat aplikasinya tersedia untuk diunduh publik.

Adrian Li, Founder & Managing Partner AC Ventures, mengungkapkan keyakinannya.
“Peluang di Indonesia sangat besar. Meskipun ruang tersebut relatif belum dimanfaatkan, ukuran pasar kredit konsumen mendekati US$185 miliar.

Oleh karena itu, selalu menjadi tantangan di sini, mengingat pemberi pinjaman tidak pernah dapat menarik kesimpulan yang benar-benar holistik tentang peminjam berdasarkan informasi yang terbatas dan terfragmentasi,” kata Adrian.

“Tetapi dengan data yang telah terkumpul, menunggu untuk dibuka dan digunakan secara bermakna dalam consumer-facing app, kami sangat antusias dengan visi dan misi SkorLife untuk membantu orang-orang memegang kendali atas masa depan keuangan mereka.”

Adrian menambahkan, “kami juga percaya dalam mendukung para pendiri (founder) yang kuat sejak dini. Permasalahan dalam sistem kredit yang dibawa oleh Ongki dan Karan adalah yang membuat AC Ventures begitu ingin membantu SkorLife sejak awal.” (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.