Sinergi dengan P2P, multifinance dan koperasi, BCA Digital telah salurkan kredit Rp1 triliun

- 5 Maret 2022 - 17:58

PT Bank Digital BCA terus berkiprah. Tahun ini BCA Digital berencana menggandeng lebih banyak platform untuk memacu penyaluran kredit, termasuk ke segmen UMKM. Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati mengatakan pada kuartal IV/2021, BCA Digital telah bekerja sama dengan Akseleran untuk meningkatkan penyaluran kredit ke segmen UMKM.   Total penyaluran kredit BCA Digital hingga saat ini, telah mencapai lebih dari Rp1 triliun.

digitalbank.id – PT Bank Digital BCA terus berkiprah. Tahun ini BCA Digital berencana menggandeng lebih banyak platform untuk memacu penyaluran kredit, termasuk ke segmen UMKM. Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati mengatakan pada kuartal IV/2021, BCA Digital telah bekerja sama dengan Akseleran untuk meningkatkan penyaluran kredit ke segmen UMKM.

Total penyaluran kredit BCA Digital hingga saat ini, telah mencapai lebih dari Rp1 triliun. “Untuk kolaborasi penyaluran kredit, BCA Digital terus menjajaki sinergi pembiayaan dengan lembaga fintech peer to peer, multifinance, & koperasi guna mencapai target penyaluran kredit,” kata Lanny. Lanny menambahkan dengan menjalin kerja sama dengan banyak mitra, perusahaan juga dapat mendukung program pembiayaan inklusif pemerintah dengan lebih baik.

Lebih lanjut Lanny menjelaskan, saat ini perseroan sedang mempersiapkan fitur digital lending pada aplikasi blu, yang ditujukan kepada nasabah BCA Digital. Perseroan akan terus berinovasi sesuai dengan situasi pasar dalam menawarkan tingkat bunga kredit yang kompetitif. “Kami juga akan selalu meninjau pergerakan suku bunga acuan (BI Rate), serta kondisi ekonomi dan bisnis di Tanah Air,” tuturnya.

BCA Digital, masih menurut Lanny, akan terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur dan produk baru lewat aplikasi Blu. Pada saat awal diluncurkan, bank ini masih fokus memperluas costumer based dengan pengembangan pada sisi funding dan pembayaran.

Namun, sejak kuartal IV-2021, Bank BCA Digital sudah mulai menyalurkan kredit. Kredit yang disalurkan dalam berbagai varian produk, baik tenor jangka pendek hingga jangka panjang.

Pengembangan bisnis kredit ini akan terus dilanjutkan tahun ini. “Saat ini, BCA Digital sedang mempersiapkan inovasi fitur kredit pada aplikasi Blu yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2022,” kata Lanny.

Dia menjelaskan, fitur lending yang akan dihadirkan pada aplikasi Blu itu tentunya akan memanfaatkan teknologi dalam proses End-to-End (E2E), mulai dari pengajuan, analisa, hingga pembayaran.

Selain itu, BCA Digital juga akan terus membangun kolaborasi dengan perusahaan multifinance & fintech peer to peer tahun ini untuk memperluas jangkauan kredit perseroan.

Blu sudah dikembangkan BCA Digital sebagai platform perbankan all-in-one yang menjadi solusi untuk menjawab kebutuhan finansial dan non-finansial para digital savvy, lewat ekosistem digital yang saling terkoneksi untuk masyarakat Indonesia.

BCA Digital berhasil mewujudkannya lewat sinergi kemitraan dibangun dengan berbagai platform lain yang terkoneksi dan terintegrasi dalam ekosistem digital. Inovasi ini memberikan kemudahan untuk dapat bertransaksi tanpa harus keluar masuk aplikasi yang berbeda. “Ini merupakan value added dari blu untuk menunjang aktivitas dan produktivitas para digital savvy,” kata Lanny.

Blu saat ini sudah terintegrasi dengan aplikasi Blibli dan aplikasi Telkomsel redi. Berbagai fitur funding dan payment sudah bisa dinikmati nasabah pada aplikasi ini seperti bluSaving, bluGether, serta bluDeposit.

Blu juga dilengkapi fitur top up uang elektronik seperti GoPay, OVO, dan DANA serta pembelian paket data, pulsa, voucher game. Lalu ada fitur pembayaran tagihan dan ada fitur yang memungkinkan nasabah melakukan tarik tunai dan setor tunai di seluruh jaringan ATM BCA tanpa kartu ATM, hingga bebas biaya admin bulanan.

BCA Digital bekerjasama dengan Halo BCA, yang merupakan call center BCA dalam mempersiapkan tim customer service yang handal.

“Di tahun 2022 ini, blu akan meluncurkan beberapa fitur yang merupakan masukan dari para nasabah kami,” tegas Lanny.(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.