RDN sebagai integrasi produk digital dari Bank Jago

Share post:

Bank Jago salah satu bank yang sangat fasih mengintegrasikan semua model bisnis barunya secara paralel dan simultan.

digitalbank.id — DALAM TRANSFORMASI BANK digital, diperlukan penerapan digital new business model. Caranya, mengalihkan bisnis ke model digital, membuat bisnis digital baru, memperluas batasan bisnis dan melakukan integrasi digital di antara keseluruhan unit bisnis, dengan perusahaan lain. Merubah koordinasi kerjasama dari manual menjadi otomasi, dan menyatukan layanan dengan perusahaan lain secara digital. Boleh jadi, Bank Jago adalah salah satu bank yang sangat fasih mengintegrasikan semua model bisnis barunya secara paralel dan simultan.

Ini terlihat setidaknya saat PT Bank Jago Tbk (Jago) meluncurkan layanan bank rekening dana nasabah (RDN) pada Kamis, 23 Desember 2021. Persetujuan menjadi bank RDN diperoleh Bank Jago melalui penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 15 Desember 2021. Peluncuran produk ini, sebagaimana dijelaskan dalam rilis yang diterima redaksi digitalbank.id, ditujukan untuk menjawab tingginya kebutuhan akan layanan keuangan yang mudah dan cepat, khususnya di pasar modal.

“Kunci layanan RDN Bank Jago adalah, aman, simple dan real-time karena para investor bisa merasakan seamless experience pada saat pembukaan RDN dan transaksi. Prosesnya cepat karena pembukaan akun trading, RDN Bank Jago, dan rekening tabungan Bank Jago bisa dilakukan sekaligus di aplikasi Stockbit,” ujar Direktur Utama Bank Jago Kharim Siregar.

Sebagai bank yang mengedepankan life-centricity, layanan RDN Bank Jago bertujuan untuk membantu nasabah lebih jago dalam berinvestasi. Pembukaan RDN Bank Jago tanpa syarat saldo minimum sehingga setiap orang bisa langsung berinvestasi saham dengan modal berapa saja, sekarang juga. Investor juga mendapatkan keuntungan lebih karena Bank Jago memberikan bunga yang menarik untuk dana mengendap di RDN Bank Jago.

Keunggulan lainnya, investor juga mudah top up dana investasi secara real time, kapan saja, dan di mana saja. Caranya cukup sederhana, hanya memindahkan dana dari Kantong (Pocket) utama Bank Jago ke Kantong RDN di aplikasi Jago.

Bagi calon investor yang ingin merasakan pengalaman RDN Bank Jago, caranya cukup mudah. Unduh aplikasi Mahakarya Artha Sekuritas (Stockbit) dan ikuti proses pendaftarannya. Setelah mencapai halaman pilihan bank RDN, pilih Jago dan dan lanjutan prosesnya sampai selesai. Akun trading Stockbit dan RDN Bank Jago sudah bisa digunakan untuk berinvestasi saham.

Seperti blessing in disguise — berkah dibalik bencana. Di tengah pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) jumlah investor pasar modal di Indonesia terus bertambah secara signifikan. Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menunjukkan jumlah investor pasar modal hingga akhir November 2021 mencapai 7,1 juta investor, bertambah 3,3 juta atau tumbuh 84,3% dibandingkan dengan akhir 2020.

Data yang sama menunjukkan bahwa sebanyak 81,3% investor di Indonesia berusia 40 tahun ke bawah atau tergolong milenial. Di sisi lain investor milenial memiliki kecenderungan untuk memilih layanan keuangan yang mudah dan cepat.

Layanan RDN Bank Jago dapat berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan jumlah investor pasar modal yang saat ini didominasi generasi milenial. Investor dapat merasakan pengalaman baru dalam berinvestasi saham dengan membuka layanan RDN yang mudah, cepat, dan tanpa syarat saldo minimum (minimum balance).

Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo menyambut baik kerja sama layanan RDN Bank Jago. Uriep menyampaikan, “Kehadiran layanan RDN Bank Jago akan membantu pertumbuhan jumlah investor di tanah air yang saat ini memiliki kebutuhan akan layanan investasi yang lebih mudah dan cepat. Dengan bergabungnya Bank Jago hingga saat ini jumlah Bank Administrator RDN KSEI menjadi 17 bank.”

Uriep juga menambahkan, melalui kerja sama Layanan RDN dengan Bank Jago, maka akselerasi pertumbuhan investor di masa mendatang diharapkan semakin bertambah. KSEI berharap jumlah perusahaan sekuritas yang berkolaborasi dengan Bank Jago akan bertambah, khususnya dalam rangka mempercepat proses pembukaan rekening secara elektronik, mengingat saat ini merupakan era digitalisasi.

Selain itu, Bank Jago diharapkan juga turut serta mendukung program sosialisasi untuk meningkatkan awareness investor atas AKSES KSEI yang berfungsi sebagai salah satu infrastruktur perlindungan investor, yang telah dapat digunakan melalui jaringan perbankan sejak 2014.

Dengan persetujuan dari KSEI, layanan RDN Bank Jago sudah bisa digunakan oleh nasabah perusahaan sekuritas yang bekerja sama dengan Bank Jago, di antaranya Mahakarya Artha Sekuritas (Stockbit) dan Trimegah Sekuritas Indonesia. (SAF).

Related articles

Sebagai teknologi disruptif, peluang bisnis AI di Indonesia sangat besar

digitalbank.id - Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) kian pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kelahiran berbagai model AI...

Aksi peretasan Volt Typhoon kian marak, Palo Alto bagikan langkah memitigasi ancaman serius ini

digitalbank.id - Penyelidikan yang dilakukan oleh Microsoft terhadap aktivitas berbahaya Volt Typhoon mengungkap bahwa infrastruktur penting dapat disusupi...

Hijra Bank targetkan penyaluran KPR syariah Rp100 miliar sepanjang 2023

digitalbank.id - PT BPRS Hijra Alami (Hijra Bank) sepanjang 2023 ini menargetkan mampu menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)...

UUS Maybank optimistis pengembangan pasar repo jadi pondasi penting dalam industri perbankan syariah

digitalbank.id - PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) melalui Unit Usaha Syariah (UUS), melakukan penandatanganan...