Raup laba Rp3,3 triliun, Bank OCBC NISP catat performa positif sepanjang 2022

- 30 Januari 2023 - 20:12

Sebagai bank yang sudah lebih dari 81 tahun berdiri di Indonesia, Bank OCBC NISP terus berusaha mewujudkan aspirasi nasabah individu dan bisnis dengan menyediakan solusi layanan keuangan yang komprehensif.

digitalbank.id – Sebagai bank yang sudah lebih dari 81 tahun berdiri di Indonesia, Bank OCBC NISP terus berusaha mewujudkan aspirasi nasabah individu dan bisnis dengan menyediakan solusi layanan keuangan yang komprehensif.

Wujud nyata dari komitmen tersebut tercermin dari total aset Bank OCBC NISP yang tumbuh 11% (yoy) menjadi Rp238,5 triliun sehingga laba bersih bank turut mencatatkan pertumbuhan 32% (yoy) pada tahun 2022 yakni sebesar Rp3,3 triliun.

Tumbuhnya laba Bank OCBC NISP juga didorong antara lain oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 14% (yoy) dan penurunan pada beban cadangan kerugian sebesar 25% (yoy).

Peningkatan kinerja bank juga terlihat pada sisi penyaluran kredit, yang naik sebesar 14% YoY. Kenaikan tersebut didukung oleh penyaluran kredit segmen business banking yang tumbuh 13% (yoy) dan retail banking tumbuh sebesar 16% (yoy). Salah satu faktor pendukung kenaikan di retail banking adalah pertumbuhan kredit consumer sebesar 24% menjadi Rp21,9 triliun pada akhir tahun 2022.

Di sisi lain, penyaluran kredit Bank OCBC NISP senantiasa diiringi kualitas yang terjaga, di mana tingkat NPL Gross (Kredit Bermasalah Bruto) berada di level 2,4%. Penyisihan Kerugian Kredit terhadap Kredit Bermasalah Bruto juga berada di posisi yang baik pada level di atas 200%, mencerminkan bahwa Bank prudensial dalam mengelola kredit yang disalurkan.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP mengatakan, pertumbuhan kredit bank berbanding lurus dengan peningkatan aktivitas ekonomi serta optimisme dari sisi konsumen maupun pelaku usaha yang berpengaruh terhadap pemulihan ekonomi nasional.

“Untuk itu, kami senantiasa mengapresiasi semua pemangku kepentingan yang telah memberikan kepercayaan kepada Bank OCBC NISP untuk dapat menjadi mitra perbankan dalam pengelolaan keuangan,” katanya di Jakarta, Senin (30/1).

Untuk simpanan nasabah, bank juga mencatatkan kinerja positif, salah satunya dari tabungan yang meningkat 22% (yoy). Artinya, inisiatif-inisiatif Bank OCBC NISP dalam mengajak masyarakat Indonesia lebih #financiallyfit memberikan hasil yang positif.

Pada tahun 2022, transaksi produk wealth management Bank OCBC NISP untuk produk reksadana, bancassurance dan surat berharga secara keseluruhan mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 9% (yoy).

Fee-based income dari wealth management memberikan kontribusi sebesar 30%, yang berasal dari transaksi penjualan reksadana dan bancassurance serta keuntungan dari penjualan surat berharga.

Seiring dengan pertumbuhan tersebut, Bank OCBC NISP terus memberikan nilai tambah kepada nasabah dengan menyediakan Wealth Management Advisory Team berkapabilitas tinggi yang dapat membantu nasabah dalam memaksimalkan pengelolaan keuangan secara strategis, meski di tengah kondisi pasar yang bergejolak. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.