Rambah bisnis fintech, INTI luncurkan layanan PPOB INTIPay

- 12 April 2022 - 19:24

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) alias PT INTI, salah satu BUMN bidang telekomunikasi, merambah bisnis fintech dengan meluncurkan platform pembayaran dan belanja kebutuhan digital, INTIPay.

digitalbank.id – PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) alias PT INTI, salah satu BUMN bidang telekomunikasi, merambah bisnis fintech dengan meluncurkan platform pembayaran dan belanja kebutuhan digital, INTIPay.

Direktur Utama PT INTI Otong Iip mengatakan layanan payment point online banking (PPOB) berbasis aplikasi ini merupakan bentuk keseriusan pihaknya yang mulai merambah ke sektor bisnis teknologi finansial (tekfin/fintech).

“Aplikasi INTIPay ini menjadi sistem yang melengkapi kefungsian perangkat buatan PT INTI (Persero) bernama Identik AE01, yang telah banyak digunakan di perbankan, perusahaan operator selular, dan lembaga negara terkait perlindungan tenaga kerja,” ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa (12/4).

Baca juga: Perluas jaringan kartu kreditnya di Indonesia, JCB kolaborasi dengan fintech

Menurut dia, platform yang memungkinkan transaksi keuangan terkoneksi dengan perbankan secara online dan real time dengan rekonsiliasi data secara cepat dan akurat ini akan dijalankan secara langsung oleh anak perusahaan PT INTI, yaitu PT INTI Konten Indonesia (INTENS).

Berbekal ponsel pintar, masyarakat dapat menggunakan INTIPay untuk transaksi pribadi, maupun memanfaatkannya secara komersial dengan cara menjadi agen. Masyarakat juga bisa melengkapi layanannya dengan perangkat terpadu Identik AE01.

“Perangkat Identik AE01 ini mendukung berbagai layanan pembayaran digital, serta memiliki fitur pembaca dan verifikasi KTP Elektronik, collected data untuk big data analytic, mendukung berbagai transaksi pembayaran cashless, portable, dan dapat langsung mencetak bukti pembayaran. Aplikasi dan perangkat ini merupakan cara INTI Group untuk memperkuat sisi digital service,” katanya.

Baca juga: Kolaborasi BPR dan fintech sangat efektif untuk dongkrak kinerja

Saat ini, eksosistem INTIPay tercatat telah memiliki 82.842 Agen, 582.556 PosPay Retail, 524 Entity Biller, 42 Switching, 15 Channel, dan 856 Produk Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang telah melayani sebanyak 6.973.646 pelanggan.

Direktur Utama PT INTI Konten Indonesia (INTENS) Yudi Limbar Yasik menyebutkan, ekosistem ini diproyeksikan akan terus bertambah dengan beragamnya layanan transaksi pembayaran yang disediakan oleh INTIPay.

Transaksi yang telah tersedia a.l Pengisian Pulsa, Pembayaran Tagihan Pascabayar, Pembelian Paket Data, Pembelian Token PLN, Pembayaran Tagihan PLN PascaBayar, Pembayaran Tagihan PDAM, Telkom Pay, BPJS Kesehatan, Pajak, Cicilan, Donasi, dan topup e-Money. Juga ada transaksi buat TV Berlangganan, e-Commerce, Voucher TV Berlangganan, Asuransi, Pembayaran Tiket, Pembayaran Gas, Gas Prepaid, Pos Assurance, dan Antar Uang.

Yudi berharap segala inovasi besutan INTENS yang merupakan hasil sinergi antara PT INTI dan PT Pos Indonesia (Persero) ini dapat mengoptimalkan potensi masing-masing perusahaan induk, terutama terkait kompetensi digital payment dan digital solution. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.