Strategi bank kecil menghadapi persaingan fintech dengan teknologi AI

Bank-bank kecil di Indonesia saat ini menghadapi tantangan berat di era digital yang terus berkembang pesat. Persaingan dari platform fintech semakin ketat, terlihat dari meningkatnya jumlah penyelenggara fintech dengan total penyaluran pinjaman mencapai ratusan triliun rupiah hingga tahun 2023. Fintech menawarkan layanan keuangan yang cepat dan mudah diakses, sehingga bank kecil harus beradaptasi agar tetap […]

OJK perlu segera susun standar minimum penggunaan AI untuk industri jasa keuangan

Dalam “Banking AI Day” yang berlangsung Senin (9/9) kemarin, Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) Otoritas Jasa keuangan (OJK) Agusman mengingatkan kembali bahwa penerapan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) punya sejumlah tantangan juga risiko, selain tentunya punya manfaat meningkatkan efisiensi bagi industri jasa keuangan. […]

Keamanan siber di era digital, mengapa digital forensik jadi sangat penting bagi perbankan?

PERKEMBANGAN teknologi digital membawa peluang sekaligus tantangan bagi dunia perbankan. Salah satu tantangan terbesar adalah meningkatnya ancaman serangan siber. Seiring dengan kemajuan teknologi, serangan siber semakin canggih dan kompleks, membuat bank harus menyadari bahwa serangan digital bukan lagi soal “jika”, melainkan “kapan”. Peningkatan ketergantungan pada teknologi digital telah memperluas permukaan serangan, memberikan lebih banyak celah […]

AI akan jadi solusi wajib asuransi kendaraan bermotor di 2025

Pemerintah Indonesia sedang merancang peraturan baru yang akan mewajibkan asuransi kendaraan bermotor mulai tahun 2025, yang diperkirakan akan membawa perubahan signifikan bagi industri asuransi dengan lonjakan jumlah konsumen yang perlu dilayani. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono, mengungkapkan bahwa saat ini asuransi kendaraan bersifat sukarela. Namun, Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan […]

Generative AI bisa mengancam reputasi dan timbulkan risiko digital baru

Di era digital yang semakin maju, kecerdasan buatan (AI), terutama generative AI, telah mengubah lanskap risiko digital secara signifikan. Dampaknya jauh melampaui rusaknya reputasi akibat berita negatif dan hoax, yang pernah menjadi fokus utama. Artikel ini akan menguraikan dampak signifikan dari risiko yang muncul di era AI, terutama dari sisi finansial, dan mengidentifikasi potensi risiko […]

Tingkatkan kesiapan adopsi AI di bank dengan ‘AI readiness assessment’

DI ERA DIGITAL yang semakin maju, adopsi teknologi Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu prioritas utama bagi industri perbankan. AI menjanjikan efisiensi operasional, peningkatan layanan pelanggan, dan kemampuan analitik yang lebih mendalam. Namun, meskipun AI memiliki potensi besar, implementasinya sering kali menghadapi tantangan yang signifikan. Beberapa penelitian dan survei memberikan gambaran mengenai tingkat kesulitan yang […]

Strategi menjadi ‘AI-Driven organization’ di Indonesia

DALAM LANSKAP DIGITAL yang kompetitif, perusahaan semakin beralih ke kecerdasan buatan (AI) untuk mendorong produktivitas, inovasi, dan keunggulan kompetitif. Namun, mengelola perusahaan yang digerakkan oleh AI tidak cukup hanya dengan mengadopsi teknologi baru; ini membutuhkan pendekatan strategis yang mengintegrasikan AI ke setiap aspek bisnis. Analisis dari Tim Jurnalisme Data Harian Kompas mengungkapkan bahwa penerapan AI […]

Strategi mitigasi risiko conversational AI di industri jasa keuangan

PENGGUNAAN conversational AI, seperti chatbot, di industri jasa keuangan telah membawa berbagai manfaat signifikan. Namun, terdapat sejumlah risiko yang perlu diwaspadai dan dikelola secara hati-hati. Artikel ini akan mengulas potensi risiko pemanfaatan conversational AI di industri keuangan serta upaya mitigasinya. Conversational AI adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk berinteraksi dengan manusia melalui percakapan alami, baik […]

Antisipasi ancaman social engineering berbasis AI generatif pada industri perbankan (2)

Sebagai regulator utama sektor perbankan di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki peran krusial dalam melindungi industri perbankan dari ancaman social engineering berbasis generative artificial intelligence (AI). Pada bagian pertama, telah diidentifikasi berbagai potensi serangan social engineering di industri perbankan, seperti vishing dengan deepfake audio, phishing dengan email atau SMS palsu, penipuan melalui media sosial, […]

Antisipasi ancaman social engineering berbasis AI generatif pada industri perbankan (1)

KASUS deepfake via Zoom di sebuah bank di Hong Kong pada Februari 2024, menjadi peringatan ancaman serius dari social engineering (soceng) berbasis generative AI (Artificial Intelligence) di sektor perbankan. Dalam insiden itu, seorang karyawan bank tertipu oleh deepfake dari rekan kerjanya. Penipu menggunakan teknologi deepfake untuk meniru penampilan dan suara rekan kerja karyawan tersebut dalam […]