Perluas inklusi keuangan, MNC Bank masuk dalam ekosistem Link milik Jalin

PT Bank MNC Internasional Tbk (IDX: BABP) atau MNC Bank, yang merupakan bagian dari MNC Group telah tergabung dalam jaringan “Link”, sistem dan jaringan pemroses pembayaran elektronik (switching) yang dikelola oleh PT Jalin Pembayaran Nusantara (“Jalin”). Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Yudistira Ardhi Prastono (Chief Digital Business Officer MNC Bank) dan […]

Brand value BRI catat pertumbuhan tertinggi di Asia Tenggara, nilainya US$11,25 miliar

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI tercatat memiliki brand value senilai US$11,25 miliar atau tumbuh 30% secara year on year. Pertumbuhan brand value BRI ini tercatat paling tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan brand value perusahaan lain yang ada dalam daftar tersebut, demikian publikasi Kantar, firma terkemuka di dunia yang bergerak di bidang brand serta […]

Valuasi capai Rp460 triliun, Kantar dapuk BCA jadi merek paling bernilai di Asia Tenggara 2024

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil mempertahankan posisi puncak dalam daftar Kantar BrandZ Top 30 Most Valuable Southeast Asian Brands 2024. Anugerah sekaligus menegaskan BCA sebagai merek paling bernilai di wilayah Asia Tenggara. BCA juga berhasil menyabet penghargaan pada kategori “Most Meaningfully Different Brand in Indonesia”. Dalam laporan Kantar BrandZ, valuasi merek BCA mencapai […]

Survei BPS dan OJK ungkap indeks literasi keuangan Indonesia capai 65,43%

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, indeks literasi keuangan masyarakat mencapai 65,43% dan indeks inklusi keuangan sebesar 75,02%. Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan berdasarkan hasil SNLIK tahun 2024 diperoleh indeks literasi keuangan dan inklusi keuangan tahun 2023, bahwa […]

Perluas akses pembayaran game online, BCA Digital kolaborasi dengan UniPin

PT Bank Digital BCA (BCA Digital) menjalin kerja sama dengan Universal Pin (UniPin), leading digital entertainment enabler untuk berbagai game online populer di Indonesia. Kerja sama ini sukses membuahkan akses pembayaran lebih dari 200 game online lewat website UniPin dengan menggunakan blu. Nasabah setia blu (atau yang akrab disebut dengan sobatblu) akan dipermudah dalam melakukan […]

Akselerasi digitalisasi sistem pembayaran nasional, BI luncurkan BSPI 2030

Bank Indonesia (BI)meluncurkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2030. Langkah ini merupakan kelanjutan dari BSPI 2019-2025. BI mendorong seluruh elemen pemerintahan, otoritas, asosiasi dan industri, serta masyarakat untuk terus memperkuat sinergi transformasi digital nasional dalam memajukan ekonomi keuangan digital nasional. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025-2030 merupakan pengembangan dari […]

Penyaluran kredit digital Bank Raya semester I-2024 tumbuh 60,3%

PT Bank Raya Indonesia Tbk terus memperkuat bisnis digitalnya, dimana selama semester I-2024 bank digital milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) ini menyalurkan pinjaman digital sebesar Rp8,1 triliun atau tumbuh 60,3% (yoy). Direktur Utama Bank Raya Ida Bagus Ketut Subagia dalam keterangannya menyatakan, dalam kuartal kedua tahun 2024, Bank Raya terus membuktikan pertumbuhan kinerja yang […]

Optimis demand meningkat, Peruri ekspansi ke bisnis smart card perbankan

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) terus memperluas lini bisnisnya. BUMN yang selama ini dikenal sebagai produsen uang kertas dan dokumen keamanan ini, kini menjajaki pasar chip perbankan melalui smart card. Farah Fitria Rahmayanti, Direktur Business Digital Peruri mengatakan, langkah ekspansi ini sejalan dengan transformasi digital yang terjadi di berbagai sektor, termasuk perbankan. “Permintaan […]

Transaksi digital via BRImo tembus Rp2.574 triliun per Juni 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengungkapkan vokume transaksi digital melalui super apps BRImo mencapai Rp2.574 triliun hingga kuartal II 2024. Direktur Utama BRI Sunarso dalam keterangan resmi, Senin (29/7) mengatakan hingga akhir Juni 2024 tercatat BRImo telah digunakan oleh 35,2 juta user. “Total transaksinya mencapai 2,01 miliar transaksi finansial dengan volume transaksi mencapai Rp2.574 […]

Astra Financial bukukan transaksi Rp2,53 triliun di ajang GIIAS 2024

Astra Financial berhasil membukukan nilai transaks Rp2,53 triliun pada gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, 18-28 Juli 2024 lalu. Angka itu dikontribusikan 10 unit usaha Astra Financial yang meliputi FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, SEVA, AstraPay, Maucash, Moxa, […]