OJK izinkan tarif asuransi rendah untuk kendaraan listrik

digitalbank.id – KENDARAAN listrik kini mulai merambah kehidupan masyarakat. Mulai, sepeda, sepeda motor sampai mobil, sekarang sudah mulai banyak berseliweran di jalan-jalan kota. Kecuali memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi hidup keseharian, kendaraan listrik juga merupakan inovasi berharga yang perlu dilindungi dalam hal kepemilikannya. Maka dari itu, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich Indonesia) terus berupaya […]

Meski pertumbuhan kredit melambat di awal 2023, namun bankir masih optimis akan tumbuh sesuai RBB masing-masing

digitalbank.id – OTORITAS Jasa Keuangan (OJK)melaporkan pertumbuhan kredit perbankan pada awal tahun 2023 ini melambat. Pada April 2023 sebesar 8,08% dibandingkan dengan posisi pada bulan Maret 2023 yang tumbuh 9,93% atau susut 100 basis poin (bps). Kendati demikian, sejumlah perbankan mengaku belum berencana untuk merevisi rencana bisnis bank (RBB) di tahun ini, dan masih tetap […]

Masyarakat makin suka ngutang, tren layanan paylater meningkat signifikan

digitalbank.id – KALAU bisa ngutang mengapa harus tunai. Barangkali prinsip ini semakin relevan saat ini. Setidaknya kalau kita lihat dari pertumbuhan layanan paylater yang terbilang cukup signifikan didukung dengan tren belanja online masyarakat di e-commerce yang terus meningkat. Hasil riset Kredivo dan Katadata Insight Center melaporkan persentase pengguna layanan paylater di e-commerce meningkat dari 28,2% pada 2022 […]

OJK: Bisnis paylater punya prospek cemerlang di masa depan, ini alasannya…

digitalbank.id – BISNIS pembiayaan paylater diyakini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki prospek yang cemerlang di masa depan. Meski begitu, Deputi Direktur Departemen Pengembangan Kebijakan Strategis OJK Mulia Simatupang mengatakan bisnis pembiayaan paylater masih memiliki tantangan yang perlu dicermati. Mulia menyebut salah satu tantangannya, yakni jangan sampai pembiayaan paylater terkait dengan pencucian uang dan pendanaan terorisme. Dia […]

Indodana gelar ‘Karnaval Belanja’ di Jakarta Fair 2023

digitalbank.id – INDODANA bergabung dalam Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023 untuk ikut meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia lewat kemudahan akses pembayaran melalui layanan kredit digital yang ditawarkan Indodana PayLater. “Ini adalah keterlibatan yang kedua bagi Indodana sebagai platform layanan paylater, dalam meramaikan perhelatan akbar tahunan yang diselenggarakan pada 14 Juni – 16 Juli 2023 di […]

Akulaku tingkatkan terus kepemilikan sahamnya di Bank Neo

digitalbank.id – BANYAK pihak menilai, bahwa layanan perbankan digital di Indonesia akan berkembang pesat dalam waktu dekat. Optimisme ini misalnya ditunjukkan oleh PT Akulaku Silvrr Indonesia, yang merupakan bagian dari Akulaku Group terus dengan terus menambah kepemilikan sahamnya di PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC). Sebelumnya, PT Akulaku Silvrr Indonesia telah memperbesar kepemilikan saham di […]

Total pinjaman industri P2P lending per April 2023 tembus Rp601,41 triliun

digitalbank.id – AGREGAT pinjaman yang telah disalurkan perusahaan peer to peer (P2P) lending hingga April 2023 mencapai Rp601,41 triliun dan tercatat sejak tahun 2017. Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Kuseryansyah di kawasan Jakarta Selatan. Kuseryansyah menerangkan sejak 2017, industri fintech P2P lending juga telah mencatatkan 1,03 juta lender. Adapun lendernya […]

Bos Bank DKI: supaya tetap kompetitif, bank wajib serba digital

digitalbank.id – DI Jaman yang serba cepat dan nirsentuh dewasa ini, mau tidak mau perbankan harus fokus melakukan transformasi digital agar tertinggal zaman. Dengan digitalisasi ini bank juga diharapkan bisa meningkatkan kinerja keuangan secara keseluruhan.Selain itu digitalisasi ini juga bisa memperkuat posisi bank dalam menghadapi tantangan dan peluang di pasar yang kompetitif. Seperti yang dilakukan […]

OJK: kejahatan siber banyak menyasar data pribadi konsumen

digitalbank.id – DARI penelaahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ditengarai masih banyak kejahatan siber yang menyasar data pribadi konsumen. Tentu saja ini akan menjadi tantangan serius transaksi keuangan digital di Indonesia. Anggota Dewan Komisioner OJK Friderica Widyasari mengatakan berdasarkan portal aduan, terdapat banyak masyarakat yang mengadu tentang keamanan data dan penyalahgunaan data pribadi konsumen. “Adapun ancaman […]

BRI terpilih sebagai brand paling bernilai di Indonesia 2023

digitalbank.id – BRAND BRI dinobatkan sebagai brand dengan valuasi paling tinggi atau paling bernilai di Indonesia, yakni sebesar USD4,3 miliar atau setara Rp63,86 triliun (dengan kurs Rp14.850,- per US$) dan BRI mendapatkan rating AAA. Brand Finance – Konsultan brand valuation (valuasi merek) terkemuka di dunia mempublikasikan Brand Finance Indonesia 100 2023 yang berisikan daftar 100 merek paling bernilai dan merek paling kuat […]