Perluas inklusi keuangan, Citibank Indonesia salurkan pembiayaan Rp150 miliar untuk pinjaman mikro ke PNM

- 21 Maret 2023 - 07:59

digitalbank.id – Citibank Indonesia menyalurkan fasilitas pinjaman senilai Rp150 miliar kepada PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

CEO Citibank NA Indonesia Batara Sianturi mengatakan, fasilitas pinjaman ini akan mendukung PNM dalam memperluas portofolio pinjaman mikro dan mendorong inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia yang kurang terlayani.

“Dari pembiayaan ini PNM dapat memperluas fasilitas pembiayaan ke sektor UMKM. Pembiayaan ini diharapkan dapat menjangkau 52.500 pengusaha mikro yang mayoritas adalah perempuan,” ujarnya, Senin (20/3).

Selain itu, menurut dia, pembiayaan ini merupakan kesempatan memperluas inklusi keuangan dan mendukung prioritas nasional dan ekonomi Indonesia.

Data meñgungkapkan, saat ini terdapat sekitar 64 juta UMKM yang berkontribusi pada lebih dari 60% dari produk domestik bruto (PDB) nasional. Sementara UMKM mempekerjakan lebih 97% tenaga kerja di Indonesia, menjadikannya sebagai salah satu kontributor utama dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

Menurut Kementerian Perekonomian, porsi kredit UMKM masih di kisaran 18% dari kredit perbankan nasional. Pemerintah berharap peningkatan proporsi kredit UMKM hingga 30% pada 2024. Kemudian mendorong berkembangnya usaha di sektor UMKM agar mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan pangsa UMKM dalam perekonomian nasional.

“Kami berharap kontribusi Citi dapat membantu pemerintah mencapai tujuannya untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM Indonesia,” tutur Batara.

Pada 2021 lalu, Citi mengumumkan komitmen global sebesar US$1 triliun untuk keuangan berkelanjutan pada tahun 2030. Citi telah memfasilitasi berbagai transaksi penting di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, untuk mendukung percepatan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Transaksi ini mendukung kriteria sosial Citi dalam hal inklusi ekonomi, yaitu dalam meningkatkan akses ke kredit dan layanan keuangan bagi komunitas rentan atau kurang terlayani, termasuk pembiayaan UMKM, serta keberagamaan dan kesetaraan yang berfokus pada perempuan.

Direktur Perencanaan Strategis dan Keuangan PNM Ninis Kesuma Adriani menanggapi hal itu mengatakan, dukungan Citi Indonesia terhadap program-program PNM merupakan wujud komitmen bersama dalam rangka memajukan perempuan.

“Khususnya pengusaha mikro yang telah terbukti dapat bertahan dalam menghadapi gejolak ekonomi,” katanya.

PNM merupakan perusahaan BUMN dan anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Portofolio pinjaman PNM berjumlah US$2,4 miliar yang mendukung inklusi keuangan ke lebih dari 14 juta rumah tangga dengan mayoritas perempuan di Indonesia.

Pada 2015, melalui produk Mekaar, PNM mulai memberikan pinjaman ke kelompok perempuan kurang mampu yang menjalankan bisnis ultramikro, dan kini menjadi portofolio pinjaman yang paling besar di PNM sebanyak 80%. ■

Foto: Pexels

Comments are closed.