Perkuat ketahanan pangan di sektor akuakultur, OCBC NISP kucurkan Rp250 miliar ke eFishery

- 8 Februari 2023 - 14:40

Kembali tegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung ketahanan pangan nasional melalui sektor akuakultur, Bank OCBC NISP salurkan pinjaman bilateral senilai Rp250 miliar kepada PT Multidaya Teknologi Nusantara (eFishery).

digitalbank.id – Kembali tegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung ketahanan pangan nasional melalui sektor akuakultur, Bank OCBC NISP salurkan pinjaman bilateral senilai Rp250 miliar kepada PT Multidaya Teknologi Nusantara (eFishery).

Dana tersebut akan digunakan eFishery untuk membiayai kebutuhan modal kerja dalam mendukung pertumbuhan penjualan dalam negeri dan peningkatan ekspor.

Direktur Bank OCBC NISP Emilya Tjahjadi mengatakan, pembiayaan bertujuan mendukung eFishery untuk berinovasi secara berkelanjutan.

“Harapannya, kami dapat terus mendukung ketahanan pangan nasional melalui terwujudnya ekosistem akuakultur yang terintegrasi dan berkelanjutan,” kata dia dalam keterangan pers, Rabu (8/2).

Sementara Co-Founder sekaligus CEO eFishery Gibran Chuzaefah mengatakan eFishery membangun ekosistem yang memungkinkan para pembudidaya ikan dan udang meningkatkan produktivitas, sekaligus menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

“Dengan adanya suntikan dana dari Bank OCBC NISP, kami semakin optimistis untuk terus bertumbuh kembang bersama membangun ekosistem akuakultur dan berkontribusi secara signifikan dalam ketahanan pangan nasional,” ujar Gibran.

Menurut Global Food Security Index (GFSI), ketahanan pangan Indonesia meningkat dari skor 59,2 pada 2021 menjadi 60,2 tahun lalu. Sektor akuakultur turut berkontribusi.

Indonesia tercatat sebagai negara penghasil perikanan budidaya terbesar kedua di dunia dengan volume produksi 14,8 juta ton. Berdasarkan prediksi Food and Agriculture Organization (FAO), perikanan budidaya Indonesia akan tumbuh 26% pada 2030.

‘New Economy’ dinilai turut mendukung ketahanan nasional,. New economy adalah konsep ekonomi yang menggambarkan aspek atau sektor ekonomi yang memproduksi atau menggunakan teknologi inovatif secara intensif menjadi faktor pendukung yang signifika

Kerja sama ini merupakan lanjutan setelah tahun lalu, kedua perusahaan yang sama-sama lahir di Bandung tersebut memulai kerja sama yang dituangkan dalam pemberian dukungan pembiayaan kepada pembudidaya eFishery melalui program KTA Cashbiz OCBC NISP yang disalurkan oleh layanan Kabayan eFishery. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.