Pandemi terkendali, BCA mulai ngebut penyaluran kredit

- 17 April 2022 - 21:22

digitalbank.id – OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mencatat realisasi DPK per Februari 2022 meneruskan pertumbuhan double digit sebesar 11,11 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), yang didorong oleh kenaikan giro sebesar Rp30,1 triliun. Sementara itu, penyaluran kredit tumbuh sebesar 6,3 persen. Peningkatan kredit perbankan pada Februari 2022 ditopang oleh kredit UMKM, ritel dan korporasi dengan kenaikan masing masing sebesar 8,75 persen serta 5,83 persen.

Sejalan dengan catatan OJK, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) sampai dengan Februari 2022 membukukan penyaluran kredit sebesar Rp615 triliun. pertumbuhan kredit terjadi hampir di semua segmen, terutama ditopang oleh segmen korporasi dan kredit pemilikan rumah (KPR).

“Pertumbuhan kredit BCA diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman, sejalan dengan kredit yang direstrukturisasi berangsur kembali ke pembayaran normal,” ujar Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn. Sementara itu, lanjutnya, total dana pihak ketiga (DPK) tercatat sebesar Rp971 triliun pada Februari 2022.

Hera mengatakan solidnya pendanaan dana murah (current account saving account/CASA) ditopang oleh kepercayaan nasabah, serta kemudahan dalam bertransaksi. Dalam mengembangkan platform transaksi perbankan, BCA bakal memperkuat ekosistem digital melalui kolaborasi dengan mitra strategis serta melakukan berbagai inovasi layanan digital.

Hera mengatakan emiten bank dengan kode saham BBCA ini menargetkan pertumbuhan total kredit mampu mencapai 6 persen – 8 persen. Hal ini selaras dengan target Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mematok pertumbuhan kredit sebesar 7,5 persen. “Kami mencermati ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi penyaluran kredit tahun ini seperti mobilitas masyarakat yang diharapkan bisa kembali normal, suku bunga, likuiditas yang ada, dan lain sebagainya,” tegasnya.(SAF)

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.