OttoPay dan OttoPoint perluas layanan solusi pembayaran digital untuk UMKM

- 4 Juni 2022 - 09:23

PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay) memperluas layanannya ke mitra bisnis modern salah satunya adalah waralaba/franchise dengan solusi pembayaran yang lebih lengkap dan fleksibel di sektor UMKM.

digitalbank.id – PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay) memperluas layanannya ke mitra bisnis modern salah satunya adalah waralaba/franchise dengan solusi pembayaran yang lebih lengkap dan fleksibel di sektor UMKM.

Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay) Grace Sunarjo mengatakan UMKM bisa berkembang dengan cepat salah satunya dengan sistem waralaba/franchise dan tentunya dengan dukungan digitalisasi.

“Saat ini OttoPay telah mengajak puluhan ribu UMKM terutama warung dan toko kelontong untuk bertransaksi secara digital dan juga lebih dari 40.000 mitra bisnis modern telah menikmati layanan solusi pembayaran digital,” katanya, Jumat (3/6).

Menurut dia, tak hanya pembayaran secara digital melalui EDC dan QRIS, OttoPay kini menambahkan layanan baru business portal dimana mitra bisnis dapat monitor langsung laporan transaksi secara real time. OttoPay juga menawarkan layanan sharing fee otomatis dimana mitra bisnis bisa langsung berbagi keuntungan dengan partner usaha.

Baca juga: Bank DKI dan Bank NTT kolaborasi perluas penerapan transaksi non tunai

“Fitur Sharing Fee ini menjawab kebutuhan mitra usaha salah satunya waralaba/franchise yang biasanya terikat sharing profit. Dengan adanya pencatatan dan perhitungan yang telah dilakukan secara digital diharapkan dapat mempermudah mitra bisnis dan mengurangi kesalahan apabila dilakukan secara manual,” tuturnya.

Kementerian Koperasi dan UKM optimis 30 juta UMKM akan go digital di tahun 2024 mendatang. Melihat potensi pasar dan adanya kemudahan membuka usaha menjadi peluang besar bagi calon wirausaha atau entrepreneurship.

Lebih lanjut Grace mengatakan, OttoPay memiliki mitra bisnis di berbagai industri mulai dari restoran hingga E-commerce beberapa di antaranya adalah KFC, Warunk Upnormal, Bumame, iStyle, Elevenia, dan masih banyak lagi.

Selain memberikan kemudahan solusi berbisnis secara digital OttoPay, lanjut Grace yang bersinergi dengan OttoPoint, penyedia solusi program loyalitas di Indonesia ini menyadari loyalitas pelanggan menjadi hal sangat penting.

Baca juga: Bank DKI dukung akseptansi transaksi digital melalui SIAP QRIS

“Ini ditunjukan dari data statistik survei independen pada beberapa perusahaan, 82 persen responden setuju bahwa biaya untuk mempertahankan pelanggan jauh lebih efisien dibandingkan mengakuisisi pelanggan baru. Hal ini berarti program loyalitas bisa menjadi solusi bagus untuk para pelaku bisnis,” jelas Grace.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Poin Sukses Makmur (OttoPoint), James Hamdani, mengatakan bila pihaknya menawarkan program loyalitas pelanggan berbasis koalisi dengan menggandeng beragam brand maupun perusahaan untuk berada di satu ekosistem yang lebih efisien dan menguntungkan. Program loyalitas ini diaplikasikan dalam bentuk poin dan katalog reward. Hal ini memberikan keuntungan untuk mitra bisnis, karena mereka tidak perlu membangun sistem loyalitas dari nol.

“Rata-rata mitra kami telah berhasil menaikkan frekuensi transaksi sebanyak 25 persen dan volume transaksi 35 persen dalam waktu kurang lebih tiga bulan,” tambah James.

OttoPoint pun menyediakan beragam layanan solusi B2B lain yang terkait dengan program loyalitas pelanggan. Seperti, layanan OttoStamp yang memudahkan pelaku industri ritel untuk memiliki stamp digital yang dapat membantu meningkatkan traffic dan penjualan tempat usaha.

Baca juga: Tiga inisiatif pembayaran digital versi Bank Indonesia untuk pemulihan ekonomi

Selain itu, terdapat pula OttoGifts yang memenuhi kebutuhan terkait pengadaan hingga distribusi voucher digital. Lalu. OttoPoint juga menawarkan solusi program loyalitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari mitra bisnis.

“Khusus di event FLEI ini, OttoPoint memberikan penawaran spesial untuk yang bergabung sebagai mitra baru yaitu promo cashback sebesar Rp 500.000 plus voucher Bakmi GM Rp 100.000 untuk berlanganan OttoPoint coalition loyalty program langsung 1 tahun. Dan mitra baru OttoStamp dapat menikmati gratis berlangganan selama 3 bulan dan tambahan Voucher Bakmi GM Rp 50.000,” jelas James.

OttoPay dan OttoPoint berharap di akhir tahun 2022 ini bisa mencapai peningkatan jumlah mitra hingga 15%. Sinergi antara OttoPay dan OttoPoint diyakinkan menjadi one stop solution paling unggul bagi para pelaku bisnis di tanah air dalam menawarkan solusi bisnis yang paling komprehensif. (HAN)

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.