OK Bank raih sertifikasi manajemen keamanan untuk perlindungan data privasi nasabah

- 17 Januari 2023 - 05:56

PT Bank Oke Indonesia (DNAR) atau OK Bank berhasil meraih sertifikat ISO 27001:2013 dari lembaga sertifikasi independen PT Bureau Veritas Indonesia.

digitalbank.id – PT Bank Oke Indonesia (DNAR) atau OK Bank berhasil meraih sertifikat ISO 27001:2013 dari lembaga sertifikasi independen PT Bureau Veritas Indonesia.

Wakil Direktur Utama OK Bank Hendra Lie mengatakan, standarisasi Internasional ini merupakan pedoman dalam sistem manajemen keamanan informasi (SMKI) bagi kenyamanan nasabah, mitra maupun masyarakat luas.

“Sertifikasi ini merupakan wujud nyata komitmen korporasi untuk merealisasikan regulasi Bank Indonesia Nomor 23/6/PBI/2021 tentang Penyedia Jasa Pembayaran,” katanya, Senin (16/1).

Sertifikasi ISO diberikan Fajar Deniswara, Business Unit CERT Manager PT Bureau Veritas Indonesia kepada Hendra Lie, Wakil Direktur Utama OK Bank di Jakarta.

Menurut Hendra, fokus korporasi dalam standarisasi ini adalah perlindungan privasi data stakeholder mencakup aspek kebijakan dan tata kelola, SDM, teknologi serta keterlibatan manajemen.

Selanjutnya, berbagai inovasi dan peningkatan layanan akan terus diakselerasi dengan tetap mematuhi regulasi nasional berstandar internasional.

OK Bank memastikan setiap proses yang dilaksanakan dalam pengembangan dan implementasi ISO 27001 memberikan dampak signifikan terhadap bisnis korporasi, nasabah, dan pemangku kepentingan lainnya.

Salah satu manfaatnya, untuk mengurangi risiko security breaches. Dengan menjalankan sejumlah kontrol maka potensi untuk terjadinya pelanggaran keamanan dapat dimitigasi dengan baik. Implementasi ISO selalu dimonitor dan diaudit internal, sedang pengujian dan peninjauan melibatkan pihak independen, Bureau Veritas.

Hendra menambahkan, semakin rahasia sebuah informasi dimiliki OK Bank, semakin besar risiko ketika data tersebut digunakan. Semakin besar risikonya maka semakin ketat kontrol yang dilakukan.

Oleh karena itu, setiap kontrol yang diimplementasikan harus berdasarkan besarnya risiko teknologi informasi dalam keamanan siber dan pemeliharaan data. Melalui pendekatan risiko ini, implementasi kontrol akan lebih tepat, efektif dan efisien.

ISO 27001 merupakan standar internasional yang diharapkan jadi pondasi kebijakan OK Bank untuk terus bergerak menuju standar internasional lainnya. Sekaligus menjadi langkah strategis meningkatkan kepercayaan dan ekspansi bisnis korporasi berkaitan dengan produk layanan digital banking.

Dengan mengimplementasikan standar internasional ini, OK Bank membuktikan komitmen dalam memenuhi standar keamanan informasi tertinggi kepada pelanggan dan pemangku kepentingan. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.