OCTO Mobile tawarkan fitur cardless, nasabah bisa tarik setor uang tanpa kartu di ATM

Share post:

OCTO Mobile, Super App dari PT Bank CIMB Niaga Tbk, menawarkan fitur Cardless. Fitur teranyar ini diklaim bisa membantu nasabah melakukan penarikan serta setoran uang tunai di seluruh mesin ATM atau mesin Tarik Setor Tunai CIMB Niaga tanpa menggunakan kartu ATM/debit.

digitalbank.id – OCTO Mobile, Super App dari PT Bank CIMB Niaga Tbk, menawarkan fitur Cardless. Fitur teranyar ini diklaim bisa membantu nasabah melakukan penarikan serta setoran uang tunai di seluruh mesin ATM atau mesin Tarik Setor Tunai CIMB Niaga tanpa menggunakan kartu ATM/debit.

“Dengan fitur Cardless dari OCTO Mobile, nasabah turut berkontribusi dalam mengurangi penggunaan kartu berbahan plastik. Sehingga, sejalan dengan inisiatif CIMB Niaga dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs),” kata Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga, Bambang Karsono Adi di Jakarta, Kamis (2/6).

Lebih lanjut, Bambang menyatakan bahwa CIMB Niaga mengoptimalkan fitur-fitur OCTO Mobile untuk mendukung implementasi sustainability ke dalam kegiatan operasional bank.

“Kami menyediakan pilihan cara bertransaksi yang lebih cepat, mudah, dan ramah lingkungan untuk mendukung kegiatan sehari-hari nasabah. Dengan fitur Cardless ini, nasabah tidak perlu lagi khawatir saat bepergian lupa membawa kartu ATM/debit berbahan plastik, karena bisa dilakukan langsung dari OCTO Mobile di mesin ATM/Tarik Setor Tunai CIMB Niaga,” ujar Bambang.

Baca juga: CIMB Niaga optimistis transaksi kartu kreditnya naik di atas 30%

Ia melanjutkan, bagi nasabah yang ingin menggunakan fitur Cardless, baik untuk melakukan tarik atau setor uang tunai tanpa kartu ATM/debit, dapat mengikuti beberapa cara praktis.

Pertama, buat kode Tarik/Setor Tunai lewat OCTO Mobile. Langkahnya, yaitu login ke aplikasi OCTO Mobile, lalu pilih Cardless/Transaksi Tanpa Kartu. Setelah itu, pilih Tarik/Setor Tunai sesuai jumlah yang diinginkan dan konfirmasi dengan PIN OCTO Mobile. Jika langkah ini selesai, maka akan muncul Kode Tarik/Setor Tunai.

Kedua, setelah berhasil membuat Kode Tarik/Setor Tunai lewat OCTO Mobile, selanjutnya datang ke mesin ATM/Tarik Setor Tunai dan pilih Transaksi Tanpa Kartu dilanjutkan OCTO Mobile. Masukkan Kode Tarik/Setor Tunai.

Khusus Tarik Tunai Tanpa Kartu, jumlah penarikan harus sama dengan nominal yang dibuat di OCTO Mobile. Sementara untuk Setor Tunai, masukkan uang tunai yang ingin disetorkan di Mesin Tarik Setor Tunai dan konfirmasi jumlahnya serta rekening yang dituju. Transaksi pun berhasil.

Baca juga: CIMB Niaga dan Sun Life perdalam kemitraan garap bancassurance

Bambang mengingatkan, kode Tarik/Setor Tunai berlaku untuk 30 menit sejak dibuat. Adapun, maksimum jumlah Tarik Tunai per transaksi, yaitu Rp1,5 juta. Sedangkan untuk Setor Tunai, maksimum sebesar Rp5 juta per transaksi.

Selain di mesin ATM/Tarik Setor Tunai CIMB Niaga, lanjut Bambang, nasabah juga bisa bertransaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu di gerai Indomaret. Dengan akses transaksi yang semakin luas, diharapkan dapat mendukung aktivitas perbankan nasabah menjadi lebih lancar tanpa harus datang ke kantor cabang atau menggunakan kartu ATM/debit.

Dirinya kembali mengingatkan bagi masyarakat yang tertarik merasakan kemudahan dan keuntungan OCTO Mobile tetapi belum memiliki rekening CIMB Niaga, bisa membuka rekening untuk pertama kali melalui OCTO Mobile.

“Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat langsung menikmati semua fitur yang tersedia di OCTO Mobile, termasuk Cardless,” pungkas Bambang.

Sebelumnya, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba bersih konsolidasi (unaudited) Rp1,2 triliun pada kuartal I-2022. Jumlah ini naik sebesar 19,9% secara tahunan atau year-on-year (YoY). Perseroan juga menghasilkan earnings per share Rp47,89.

“Kami meraih hasil yang baik pada kuartal I, dengan laba bersih mencapai Rp1,2 triliun dan sekaligus meneruskan kinerja yang solid sejak tahun 2021,” kata Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan di Jakarta, Kamis (28/4).

Baca juga: CIMB Niaga luncurkan Octo Loan, simak syarat pengajuan pinjamannya

Lani mengungkapkan, pertumbuhan kinerja di kuartal I-2022 didorong oleh pertumbuhan positif pada pendapatan operasional, pengelolaan biaya operasional yang baik, dan pembentukan cadangan yang lebih rendah.

“Hasil kinerja yang menggembirakan ini mencerminkan keberhasilan prioritas strategi kami dalam pemulihan ekonomi yang positif,” imbuhnya.

Ia menuturkan, CIMB Niaga senantiasa menjaga kecukupan pencadangan yang berfokus pada kualitas aset dan penerapan manajemen risiko.

Dengan kondisi perekonomian yang terus membaik, perusahaan berharap kinerja positif yang telah diraih dapat terus berlanjut di tahun 2022 yang didorong oleh pertumbuhan kredit, normalisasi Net Interest Margins (NIM) pada kuartal-kuartal berikutnya, serta menerapkan disiplin yang ketat dalam pengelolaan biaya.

Ke depan, pihaknya akan terus membangun dan memanfaatkan kapabilitas digital untuk meningkatkan customer experience dan mendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang. (HAN)

Related articles

Sebagai teknologi disruptif, peluang bisnis AI di Indonesia sangat besar

digitalbank.id - Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) kian pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kelahiran berbagai model AI...

Aksi peretasan Volt Typhoon kian marak, Palo Alto bagikan langkah memitigasi ancaman serius ini

digitalbank.id - Penyelidikan yang dilakukan oleh Microsoft terhadap aktivitas berbahaya Volt Typhoon mengungkap bahwa infrastruktur penting dapat disusupi...

Hijra Bank targetkan penyaluran KPR syariah Rp100 miliar sepanjang 2023

digitalbank.id - PT BPRS Hijra Alami (Hijra Bank) sepanjang 2023 ini menargetkan mampu menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)...

UUS Maybank optimistis pengembangan pasar repo jadi pondasi penting dalam industri perbankan syariah

digitalbank.id - PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) melalui Unit Usaha Syariah (UUS), melakukan penandatanganan...