Menggabungkan olahraga dengan literasi keuangan, PT Astra Kreasi Digital melalui aplikasi wealth tech-nya, Moxa, menghadirkan pengalaman finansial yang edukatif dan menyenangkan di ajang Astra Half Marathon 2024 di Tangerang. Bagaimana strategi ini menjadi pendekatan unik untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia?
PT Astra Kreasi Digital, di bawah brand Moxa, memanfaatkan momentum Astra Half Marathon 2024 sebagai ajang edukasi literasi keuangan yang inovatif dan interaktif. Mengambil lokasi di Astra Biz Center, Tangerang, Banten, acara ini tidak hanya menjadi ajang olahraga tetapi juga wadah bagi peserta untuk meningkatkan pengetahuan keuangan sambil menikmati berbagai promo menarik yang ditawarkan oleh Moxa.
“Kami juga menawarkan promo berbagai produk dan layanan jasa keuangan dalam aplikasi Moxa. Harapannya, kehadiran Moxa dapat memberikan manfaat literasi keuangan dan pendekatan yang menyenangkan,” ujar CEO Moxa, Lim Lizal, dalam siaran pers, Senin (11/11).
Lebih dari 200 pelari memadati booth Moxa, menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap edukasi dan penawaran produk keuangan yang tersedia. Di antara promo yang ditawarkan, Moxa memberikan diskon hingga Rp5.000 untuk transaksi top-up dan pembayaran tagihan. Selain itu, terdapat cashback reksa dana hingga Rp500.000, serta kesempatan mendapatkan headphone wireless brand Shokz senilai Rp1.899.000 dengan harga tebus murah.
Tidak hanya promo finansial, Moxa juga menggelar aktivitas menarik di booth mereka. Peserta yang melakukan transaksi minimal Rp50.000 melalui aplikasi Moxa berhak mendapatkan merchandise eksklusif berupa bingkai medali, sebagai kenang-kenangan dari partisipasi mereka di ajang maraton ini.
Selain itu, pengunjung yang mengunduh dan mendaftar di aplikasi Moxa langsung mendapatkan kesempatan untuk berfoto di photobooth Moxa dan membawa pulang hasil foto cetaknya secara gratis.
Dengan semangat mengedepankan gaya hidup sehat dan finansial yang lebih baik, Moxa hadir sebagai aplikasi wealth tech yang memberikan solusi keuangan terpadu dalam satu genggaman. Lim Lizal menjelaskan bahwa melalui platform ini, pengguna dapat mengakses berbagai layanan keuangan mulai dari pembiayaan kendaraan, pinjaman multiguna, hingga asuransi dan instrumen investasi, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan finansial pelanggan di setiap fase kehidupan mereka.
“Ini mulai dari pembiayaan kendaraan, pinjaman multiguna, hingga asuransi dan instrumen investasi, guna memenuhi kebutuhan keuangan pelanggan di setiap fase kehidupan,” jelas Lim Lizal.
Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2024, Indeks Literasi Keuangan penduduk Indonesia sebesar 65,4%, sementara Indeks Inklusi Keuangan sebesar 75,02%. Ini menunjukkan bahwa meskipun akses ke produk keuangan sudah cukup tinggi, pemahaman masyarakat tentang produk-produk tersebut masih perlu ditingkatkan. Inisiatif seperti yang dilakukan Moxa ini sangat relevan, mengingat pentingnya literasi keuangan dalam mendukung stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Beberapa negara telah menerapkan pendekatan inovatif untuk meningkatkan literasi keuangan melalui kegiatan yang menggabungkan edukasi dengan aktivitas sehari-hari masyarakat. Di Amerika Serikat, misalnya, program edukasi keuangan sering digelar di acara-acara komunitas, seperti pameran kesehatan dan festival olahraga, untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Australia juga memiliki program “MoneySmart Week,” yang menyasar masyarakat umum untuk belajar mengelola keuangan melalui seminar dan aktivitas menarik.
Dengan mengadakan kegiatan literasi keuangan di ajang olahraga seperti maraton, Moxa berupaya meniru strategi ini untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat.
Menjadikan olahraga sebagai platform untuk edukasi finansial mencerminkan pendekatan baru yang lebih dekat dengan gaya hidup sehat dan modern, yang sedang menjadi tren di kalangan milenial dan Gen Z di Indonesia.
Moxa tidak hanya berhenti pada kegiatan literasi di ajang olahraga. Ke depan, perusahaan berencana memperluas edukasi literasi keuangan melalui berbagai program dan kemitraan strategis, termasuk di sekolah-sekolah, universitas, dan komunitas, untuk menciptakan generasi yang lebih melek keuangan.
Dengan pendekatan yang menyenangkan dan inovatif, Moxa berharap dapat berkontribusi lebih jauh dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, sejalan dengan visi Astra Financial untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air. ■