KPM Prima: produk kolaborasi Danamon, Adira Finance dan MUFG menjadi pemicu pertumbuhan bisnis yang signifikan!

- 8 Juni 2023 - 16:34
PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) ini makin percaya diri dengan menargetkan pertumbuhan pada tahun kelinci air melalui kolaborasi dengan ekosistem Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG).

digitalbank.id – PT Bank Danamon Indonesia bersama PT Adira Dinamika Multi Finance dan MUFG Bank kembali mendukung rangkaian perhelatan otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di Surabaya, tanggal 31 Mei hingga 4 Juni 2023, sekaligus bukti dan komitmen untuk membangun ekosistem industri otomotif Indonesia.

IIMS 2023 digelar di Grand City Convention & Exhibition, sebagai ajang pamer para pelaku industri otomotif, mulai dari kendaraan roda dua, roda empat, aksesoris, aftermarket, dan industri pendukung lainnya. 

Pada pameran ini, Danamon, Adira dan MUFG kembali menjadi Official Bank Partner dan Official Multifinance Partner, sementara untuk pertama kalinya, Adira Finance melalui momobil.id juga akan menjadi Official Trade-In Partner. Seperti IIMS Jakarta yang diadakan di awal tahun ini, IIMS Surabaya juga menghadirkan penampilan dari musisi papan atas Indonesia selama periode pameran di konser IIMS Infinite Live.

“Industri otomotif adalah salah satu sektor klien terbesar bagi MUFG secara global. Sehingga, di Indonesia sangat wajar bagi kami untuk selalu antusias dalam berkontribusi pada industri ini bersama dengan Danamon dan Adira Finance yang juga memiliki sejarah panjang yang sangat kuat di Indonesia,” ujar Tadanobu Hirano, Managing Director, Deputy Head of Japanese Corporate Banking MUFG Bank Ltd dalam keterangannya, Kamis (8/6).

Bersama MUFG dan Adira Finance, Danamon dapat menyediakan solusi komprehensif dari hulu ke hilir bagi semua pelaku industri otomotif di setiap mata rantai pasokan dari pabrikan, supplier, retailer, dan dealer, bahkan pasar sekunder. Untuk nasabah ritel, Danamon melalui Adira Finance berperan sebagai One Stop Service Solution yang kemudahan layanan dan produknya dapat dinikmati oleh para pecinta otomotif di IIMS 2023.

“Kami percaya Surabaya secara khusus dan Jawa Timur secara umum memiliki potensi menjadi salah satu pilar bagi industri otomotif Indonesia dengan potensinya yang sangat besar. Itulah sebabnya Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG mendukung IIMS Surabaya untuk kedua kalinya di tahun ini. Keterlibatan kami dalam IIMS terbukti dapat membawa hasil sesuai dengan aspirasi kami untuk menjadi bank dan multifinance pilihan para pelaku industri otomotif, dengan berkembangnya bisnis Danamon di Surabaya dan Jawa Timur pasca diadakannya IIMS Surabaya tahun lalu,” ujar Dian Ari Prabowo, Area Manager Surabaya, Bank Danamon.

Keberhasilan ini antara lain didorong oleh inisiatif proaktif Danamon melalui jaringan 40 cabangnya di Surabaya dan Jawa Timur untuk melakukan cross-selling dengan memasarkan produk kolaborasi bersama Adira yaitu KPM Prima dalam rangka melengkapi kebutuhan nasabah. 

Tidak hanya itu, Danamon juga menyediakan pembiayaan kepada dealer Adira yang sudah dimulai sejak akhir tahun 2022 hingga saat ini sudah berjumlah 5 dealer. Usaha ini berhasil mencatatkan pertumbuhan bisnis di Jawa Timur secara signifikan berupa pertumbuhan KPM Prima sebesar 316% pada semester 2 2022 dibanding semester 1 2022. 

Selain itu, terdapat juga pertumbuhan sebesar 653% pada kuartal I-2023 dibanding kuartal I-2022. Dengan adanya pertumbuhan bisnis seperti ini, diharapkan Danamon dapat memperluas pembiayaan dengan berbagai macam dealer melalui partisipasi kembali di IIMS Surabaya 2023.

“Sebagai mitra pembiayaan terpercaya selama 33 tahun, Adira Finance berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekosistem otomotif, berkontribusi dalam pembangunan regional, dan memberdayakan perekonomian lokal, salah satunya di Jawa Timur. Di IIMS Surabaya, kami menghadirkan kembali KPM Prima, produk unggulan bersama Bank Danamon. Melalui produk ini, masyarakat dapat menikmati solusi pembiayaan kami yang inovatif dan memberikan kenyamanan bagi konsumen yang ingin memiliki kendaraan impian dengan proses yang cepat, persyaratan yang mudah, dan suku bunga yang ringan. Kami bangga dapat memberikan solusi pembiayaan yang dapat mewujudkan kebutuhan mobilitas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur,” ujar Agus Hartanto Kepala Wilayah Jawa Timur Adira Finance.

Lebih jauh, Danamon dan Adira Finance sebagai bagian dari MUFG juga telah membiayai berbagai jenis dan merek sepeda motor listrik dan mobil listrik seperti kendaraan listrik Battery Electric Vehicles (BEV) dan Hybrid Electric Vehicles (HEV) dengan berbagai merek kendaraan listrik yang dibiayai.

Pada tahun 2023, pembiayaan baru kendaraan listrik diharapkan tumbuh double digit dari tahun 2022, seiring dengan meningkatnya pemahaman masyarakat akan pentingnya konsep green living yang mendukung program Pemerintah, infrastruktur pengisian baterai kendaraan listrik oleh Pemerintah. Pemerintah, serta munculnya beberapa produsen kendaraan listrik.

Kehadiran Danamon di rangkaian IIMS di Surabaya ini sejalan dengan strategi pertumbuhan jangka panjang Danamon baik secara organik maupun anorganik, menyusul akuisisi kredit Consumer konvensional Standard Chartered Bank Indonesia yang terdiri dari kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), kredit pemilikan rumah (KPR), dan kredit kendaraan bermotor (KKB) oleh Danamon belum lama ini.

Lebih lanjut, akuisisi ini merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk memperkuat bisnis consumer yang merupakan salah satu mesin pertumbuhan bisnis utama Danamon, dan semakin melengkapi pertumbuhan portofolio pinjaman ritel Danamon yang telah berhasil tumbuh sekitar 18% sepanjang tahun 2022.

“Kami tentu ingin menjaga momentum pertumbuhan kami di tahun-tahun mendatang. Bersama dengan MUFG dan Adira Finance, kami merencanakan berbagai strategi menggunakan pendekatan One MUFG untuk mengoptimalkan ekosistem keuangan kami dan menjaga momentum tetap berjalan,” kata Ari. ■

Comments are closed.