Metaverse adalah evolusi bukan revolusi

- 18 Juni 2022 - 18:53

KOOKMIN BANK Korea adalah salah satu bank yang sangat inovatif dalam mengadopsi teknologi. Termasuk penerapan teknologi metaverse.  Eksplorasi, eskperimen dan ujicobanya juga akan diterapkan di KB Bank Bukopin di masa depan.

digitalbank.id – KOOKMIN BANK Korea adalah salah satu bank yang sangat inovatif dalam mengadopsi teknologi. Inovasi adalah core value yang sangat ditekankan di seluruh jajaran manajemen Kookmin Bank Korea selatan yang juga ditularkan ke KB Bukopin Indonesia. “Termasuk soal penerapan teknologi metaverse, Kookmin Bank sudah memulai beberapa eksperimen,” tutur Charles Budiman, EVP Digital Banking Head, PT KB Bank Bukopin Tbk dalam acara Networking Event: Webinar on Banking in Metaverse, Metabanking as a New World Ecosystem yang diselenggarakan OJK, baru-baru ini.

Lebih lanjut Charles menjelaskan, Kookmin Bank sangat aktif dalam hal menginisiatifi dan bereksperimen di metaverse. Secara singkat inisiatif itu dibagi dalam dua kategori. Pertama, yang berhubungan dengan kegiatan perbankan (Banking or work related) misalnya: KB metaverse Video Conference di platform Gather Town, KB Financial Town di Roblox dan KB Metaverse VR Branch di platform internal.

Sementara kategori kedua (Non Banking or non work related) antara lain KB Youth Maru (Zepeto), Liiv Sandbox Arena (Zepeto) dan beberapa inisiatif lainnya yang masih dalam proses. “Ini dilakukan karena kami menilai bahwa metaverse ini adalah evolusi dan bukan revolusi, maka harus segera kita mulai seawal mungkin,” tegas Charles.  

Dalam video prototipe KB Metaverse VR Branch, nasabah sudah bisa melakukan aktivitas di metaverse mulai masuk dari main hall, masuk ke customer service (teller), bisa melihat aldo dan melakukan transaksi. Begitupun ada bagian private banking yang layanannya lebih privasi. “Kelak nasabah bisa melakukan kegiatan transaksi cukup dari rumah atau tempat yang mereka kehendaki, dan proses transaksi bisa terus berjalan dengan aman,” papar Charles.

Pun demikian, semua inisiatif KB ini, masih menurut Charles, masih berupa eksperimen dan belum terhubung dengan kegiatan core banking secara formal. Mungkin masih beberapa tahun ke depan. Namun demikian, di akhir pemaparannya, Charles mengatakan bahwa metaverse adalah proses bertahap atau bersifat evolusi dan bukan perubahan segera atau revolusi. 

Di manakah posisi kita saat ini dalam proses evolusi ini? Charles menyebut kita termasuk Kookmin Bank masih pada tahap awal (we’re still in early day) dalam evolusi metaverse. Namun jangan lengah, pihaknya saat ini terus mengeksplorasi, bereksperimen dan mengujinya sebagai aktivitas yang sangat penting. Dan, “KB Financial Group telah menetapkan diri untuk berada di barisan terdepan dalam evolusi atau perjalanan metaverse ini,” tegasnya.(SAF)

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.