Kolaborasi BRI dan Unhas hasilkan Unhaspay, aplikasi digital pertama menyasar civitas academica

- 16 Desember 2021 - 11:27

Aplikasi yang diberi nama Unhaspay ini adalah aplikasi digital pertama yang menyasar untuk kalangan civitas akademika. Platform ini memang ditujukan dalam rangka mewujudkan visi kampus digital di Tanah Air.

digitalbank.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk rupanya tak mau ketinggalan untuk ikut meningkatkan literasi keuangan digital di kalangan kaum muda sejak dini.

Baru-baru ini, bank yang pernah mempunyai jumlah kantor cabang terbanyak itu, mulai menyasar kalangan civitas akademika Universitas Hasanuddin (Unhas) dengan menggulirkan produk berupa aplikasi transaksi keuangan yang lebih spesifik.

Aplikasi yang diberi nama Unhaspay ini adalah aplikasi digital pertama yang menyasar untuk kalangan civitas akademika. Platform ini memang ditujukan dalam rangka mewujudkan visi kampus digital di Tanah Air.

Selama masa pandemi Covid -19, tidak kurang dari 30 ribu mahasiswa di universitas Hasanudin, melakukan seluruh kegiatannya secara online. Hal inilah yang menjadi consern BRi untuk menciptakan ekosistem keuangan bekerja sama dengan kampus Universitas Hasanudin.

Baca juga: Milenial dan Gen Z, kelompok digital native pewaris kekayaan US$68 triliun baby boomer

Perlombaan menciptakan dan memperluas ekosistem keuangan digital, yang tengah dilakukan di sektor keuangan, kini tengah masif dilakukan oleh banyak lembaga keuangan. Selain menyasar UMKM, E-commerce, pelajar, kini, apa yang dilakukan oleh BRI juga menyasar kalangan civitas akademika.

Bank BRI sendiri, mengaku tengah menjalin kerjasama untuk memperluas ekosistemnya dengan tidak kurang dari 200 kampus yang ada di Indonesia. Kerja sama nya dengan Unhas dalam bentuk Unhaspay sendiri, merupakan pelopor dan yang pertama dalam konteks mendorong terciptanya digitalsasi kampus.

Direktur Bisnis Konsumer Bank BRI Handayani menjelaskan kerja sama ini bisa berlanjut terus dan bermanfaat bagi kalangan kampus. “Nantinya kami akan menyiapkan sistem informasi dan mengupdate terus sehingga kebutuhan finansial civitas akademika di semua kampus bisa lebih mudah dan efisien,” katanya baru-baru ini.

Baca juga: Tak paham selera “High Earners, Not Rich Yet”, jangan harap bank dapat cuan

Jadi dengan adanya Unhaspay, hampir semua kebutuhan informasi finansial yang diperlukan kalangan kampus, bisa tersedia. Contohnya, selain transaksi secara cashless, juga ada aplikasi internet dan TV berlangganan, pembelian pulsa, tagihan PLN dan sebagainya dalam satu aplikasi.

Unhaspay ini juga dilengkapi dengan fitur E-wallet, dan juga fitur marketplace yang dapat mengakomodasi semua unit usaha yang ada di universitas. misalnya saja, koperasi, kantin, rusunawa, stadion olah raga, hingga UMKM binaan kampus.

Jadi, lanjut pihak BRI pula, Unhaspay ini tidak hanya diperuntukan untuk mahasiswa saja, tapi juga bisa digunakan untuk dosen, karyawan kampus, serta alumninya.

Baca juga: Survei membuktikan, lebih dari 50% generasi milenial pilih bank digital

Selama ini, kerja sama yang dijalin oleh Bank BRI dengan kampus-kampus yang ada, nilainya tidak kurang dari Rp 1 triliun. Itu sebabnya, BRI terus menggenjot dan memperluas ekosistem di kalangan civitas akademika yang ada di seluruh Indonesia.

Prakarsa pihak Bank BRI ini, tentu saja disambut baik pihak kampus. Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu juga berharap, kerjasama ini akan berdampak terhadap peningkatan literasi digital. “Semoga bisa lebih meningkatkan ekonomi dan mengembangkan potensi digital civitas akademika,” ujarnya. (LUK)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.