Kini sudah 7 Bank nasional yang layani pembayaran via QRIS di Thailand

- 2 September 2022 - 20:34

digitalbank.id – BANK INDONESIA menerangai bahwa saat ini terdapat delapan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) di Thailand yang dapat menerima transaksi Quick Response Indonesia Standard atau QRIS. Dari jumlah tersebut, 7 PJP berasal dari perbankan.

Kemudahan ini akan dinikmati setelah Bank Indonesia dan Bank of Thailand secara resmi meluncurkan kerjasama pembayaran kode QR lintas batas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perdagangan dan mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi.

Melalui inisiatif ini, warga negara Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran di perangkat mereka dengan memindai kode QR Thailand dan QRIS untuk menyelesaikan transaksi pembayaran di merchant. Filianingsih Hendarta, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), mengatakan nilai tukar akan otomatis terkonversi begitu transaksi dilakukan, sehingga pengguna Indonesia bisa langsung menarik uang dalam rupiah. Pedagang Thailand sekarang menerima pembayaran dalam baht.

Ini dia 7 bank yang layani pembayaran QRIS di Thailand:

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) BCA merupakan salah satu penyedia jasa pembayaran (PJP) dalam kerja sama pembayaran QRIS lintas negara atau cross-border QR payment linkage antara Indonesia dan Thailand. Fasilitas tersebut kini sudah dapat digunakan di BCA Mobile. “Mulai hari ini, fitur QRIS cross border Indonesia – Thailand telah tersedia di BCA mobile versi terbaru 2.9.5 dan dapat digunakan oleh nasabah dalam transaksi finansialnya,” ujar Executive Vice President Secretariat Corporate Communication BCA Hera F. Haryn, Senin (29/8/2022). Menurutnya, BCA sebagai perbankan nasional terus mendukung kebijakan regulator dalam upaya mendorong digitalisasi di kancah global melalui penerapan QRIS.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi mengatakan perseroan mendukung langkah pemerintah dan regulator dalam mengakselerasi ekonomi digital, sekaligus memperkuat digitalisasi sistem pembayaran lintas negara atau cross border di Asia Tenggara. Salah satunya melalui perluasan akseptasi QRIS BSI di aplikasi BSI Mobile. Menurutnya, emiten bank dengan ticker BRIS tersebut akan terus berinovasi dan melakukan terobosan guna meningkatkan layanan digital melalui BSI Mobile.

PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) CIMB Niaga juga menjadi salah satu bank yang melayani transaksi pembayaran QRIS di Thailand. Adapun fasilitas tersebut dapat diakses melalui aplikasi OCTO Mobile milik emiten bank bersandi saham BNGA tersebut. Adapun, sejak pertengahan tahun lalu, CIMB Thai Bank Public Company Limited (CIMB Thai) dan CIMB Niaga telah mengumumkan kerja sama penyelenggaraan layanan pembayaran berbasis QR Code antara Thailand dan Indonesia.

PT Bank Sinarmas Tbk. (BSIM) Bank Sinarmas diketahui memiliki aplikasi mobile bertajuk SimobiPlus, layanan internet banking perseroan versi mobile. Aplikasi ini dikembangkan untuk nasabah Bank Sinarmas melakukan transaksi perbankan dengan mudah melalui smartphone berbasis Android dan iOS. SimobiPlus kini hadir dengan tampilan baru untuk transaksi yang lebih mudah. Mulai dari top up pulsa, bayar tagihan, transfer Valas ke sesama Bank Sinarmas, beli Polis Smart Investa Link (IDR) dan Simas Investa Link (USD) hanya lewat aplikasi.

PT Bank Mega Tbk. (MEGA) Bank milik Chairul Tanjung ini juga menjadi salah satu bank yang dapat melayani transaksi QRIS di Thailand. Bank Mega tercatat memiliki aplikasi mobile banking bernama M-Smile. Dikutip dari laman resminya, M-Smile adalah sebuah terobosan dari perseroan untuk memudahkan aktivitas perbankan hanya dengan menggunakan ponsel pintar. Sederet layanan yang tersedia, antara lain produk simpanan, kartu kredit dan uang elektronik, tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank Mega, transaksi QR di merchant, dan informasi promo.

PT Bank Permata Tbk. (BNLI) Bank Permata juga menghadirkan inovasi teknologi untuk permudah transaksi di Thailand melalui QRIS atau QR Pay Cross-Border dalam aplikasi mobile banking PermataMobile X.  Direktur Utama PermataBank Meliza M. Rusli mengatakan dengan hadirnya sistem pembayaran terbaru ini, nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, serta dalam jaringan yang lebih luas dan tak terbatas pada satu negara.  Selain itu, PermataBank juga ingin mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan efisiensi transaksi lintas negara di Asia Tenggara melalui QR Pay Cross-Border.

PT Bank Pembangunan Daerah Bali BPD Bali untuk saat ini merupakan satu-satunya bank daerah yang melayani transaksi QRIS di Thailand. Dikutip dari laman resminya, BPD Bali memiliki layanan mobile banking yang memberikan layanan transaksi secara waktu nyata atau real time. Aplikasi tersebut dapat diunduh baik melalui playstore maupun appstore.(SAF) 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.