Kinerja cemerlang , laba bersih Bank OCBC NISP tumbuh 25,2% hingga kuartal ketiga tahun 2022

- 1 November 2022 - 19:01

Bank OCBC NISP bukukan laba bersih Rp2,5 triliun pada kuartal III 2022 atau tumbuh 25,2% dibanding periode yang sama tahun lalu.

 

digitalbank.id – PEREKONOMIAN di Indonesia diyakini banyak kalangan dalam kondisi relatif stabil. Hal itu terlihat dengan adanya indikasi yang positif dari laju perekonomian Indonesia yang tumbuh sebesar 5,44%. Data tersebut menunjukkan optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif semakin pulih.

Sejalan keberhasilan Indonesia menjaga stabilitas, Bank OCBC NISP juga berhasil mencatatkan kinerja positif yang berkelanjutan. Laba bersih Bank OCBC NISP tumbuh 25,2% menjadi sebesar Rp2,5 triliun hingga kuartal ketiga 2022 dibandingkan periode yang sama di tahun 2021. Pertumbuhan laba bersih ini dikontribusikan dari pendapatan bunga bersih yang mengalami pertumbuhan 10,0% YoY menjadi Rp6,3 triliun dan biaya cadangan kerugian menunjukkan penurunan.

Sesuai dengan strategi Bank untuk meningkatkan komposisi dana murah, CASA Bank OCBC NISP tumbuh 23,7% dibandingkan periode yang sama tahun 2021, sehingga rasio CASA menjadi 60,7%.

Selain itu, beragam indikator kinerja keuangan Bank OCBC NISP juga memperlihatkan pertumbuhan yang positif.

Kinerja Keuangan Utama per posisi 30 September, dalam Rp triliun, kecuali dinyatakan lain

Keterangan

2022

2021

∆% YoY

Laba Bersih

2,5

2,0

25,2%

Dana Pihak Ketiga 

161,4

161,0

0,2%

Kredit – bruto

131,5

117,3

12,1%

Rasio CASA (%)

60,7

49,2

11,5

 

Menurut survei Bank Indonesia, per Agustus 2022, penyaluran kredit oleh perbankan terindikasi tumbuh lebih tinggi[2]. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia semakin membaik. Bank OCBC NISP mencatatkan penyaluran kredit meningkat 12,1% YoY pada akhir September 2022 yang didorong oleh pertumbuhan kredit di semua segmen termasuk pemberian pendanaan berwawasan hijau (green financing).

Bank juga terus menyalurkan kredit melalui program #TAYTB Women Warriors sebesar Rp3,0 triliun atau meningkat 38,2% YoY pada 30 September 2022. Sementara jumlah wirausaha perempuan sebanyak 1.248 pengusaha, dengan kata lain meningkat sebesar 22,5% YoY.

 Di sisi lain untuk kualitas kredit, Bank mencatat perbaikan, yang mana pada akhir September 2022, NPL gross berada pada level 2,3%. Sementara, NPL net berada pada level 0,8%. Kedua rasio ini mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, dan berada di bawah industri perbankan.

Hingga September 2022, transaksi produk wealth management nasabah untuk produk reksadana, bancassurance, surat berharga dan transaksi valuta asing secara keseluruhan mengalami kenaikan pendapatan sebesar 10% YoY, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021. Fee-based income dari bisnis wealth management memberikan kontribusi sebesar 30% terhadap total fee-based income Bank OCBC NISP.

Peningkatan minat terhadap wealth management ini tentunya ditunjang dengan semakin meningkatnya literasi keuangan masyarakat Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, hasil riset OCBC NISP Financial Fitness Index 2022 menunjukkan sebanyak 42% generasi muda Indonesia merasa percaya diri bahwa perencanaan finansial mereka saat ini akan memberikan kesuksesan finansial di masa depan.

Seiring dengan meningkatnya kepercayaan diri masyarakat terhadap kondisi finansial mereka, jumlah transaksi digital menggunakan ONe Mobile(aplikasi yang bisa menumbuhkan uang)meningkat sebesar 34%. Hal ini menunjukkan bahwa nasabah semakin nyaman dalam melakukan kegiatan perbankan. 

Bank OCBC NISP juga mencatatkan kenaikan pengguna Velocity sebesar 17% dan kenaikan jumlah transaksi sebesar 21%. Kenaikan ini mengindikasikan bahwa semakin banyak bisnis yang melakukan aktivitas perbankan melalui channel digital, sehingga mendorong Bank OCBC NISP untuk terus mengembangkan inovasi aplikasi Velocity sebagai solusi digital perbankan, agar nasabah bisnis dapat menjalankan usahanya kapan saja dan dimana saja.

“Pertumbuhan Bank OCBC NISP yang berkelanjutan tentunya tidak lepas dari prinsip kehati-hatian. Bank akan terus berkomitmen untuk mengembangkan layanan dan inovasi yang berpusat pada nasabah, melalui layanan keuangan komprehensif serta layanan beyond banking. Harapannya dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah dan masyarakat Indonesia,“ ujar Parwati Surjaudaja, President Direktur Bank OCBC NISP  dalam penjelasan tertulis yang diterima digitalbank.id, Selasa (1/11/2022).

Parwati menambahkan bahwa Bank OCBC NISP akan terus mendorong penyaluran green dan gender financing untuk terus mendukung praktik keuangan berkelanjutan, ekonomi hijau dan kesetaraan yang diyakini akan memberikan dampak bagi lingkungan, masyarakat dan perekonomian di Indonesia.

Selain itu, Bank juga baru-baru ini meluncurkan Financial Fitness GYM (FFG) yang pertama di DKI Jakarta dan terletak di Pantai Indah Kapuk. FFG ini merupakan pusat kebugaran keuangan yang ditujukan kepada masyarakat agar #financiallyfit, dengan didampingi oleh Nyala Trainer. FFG ini dibuka untuk umum dan beroperasional setiap hari termasuk akhir pekan.(SAF)

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.