Kecerdasan Buatan: Sebuah kekuatan baru dalam perbankan digital

- 2 November 2021 - 19:47

digitalbank.id – ARTIFICIAL INTELLIGENCE atau Kecerdasan Buatan dengan algoritmanya yang sangat cerdas memiliki potensi besar untuk merevolusi model perbankan tradisional dan membuat perkembangan digital banking menjadi lebih cepat, lebih gesit, dan lebih customer centric.

Kecerdasan Buatan nyata-nyata punya potensi mengubah semua aspek perbankan. Mulai dari cara kita menabung hingga cara kita berinvestasi dan membelanjakan uang. AI memungkinkan model perbankan menjadi lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih ramah pelanggan.

Data internationalbanker.com melansir sebuah fakta menarik mengenai AI yang merupakan salah satu teknologi dunia modern yang paling maju pesat. Analis memperkirakan bahwa investasi global dalam AI akan mencapai US$98 miliar pada 2023 mendatang. Di sektor jasa keuangan, terjadi dampak besar yang dapat ditimbulkan oleh AI dan algoritma cerdas terhadap cara kita hidup dan bekerja. AI dalam jasa keuangan a.l. meliputi pengenalan suara dan wajah; pemrosesan bahasa alami; pembelajaran mesin; dan pembelajaran yang mendalam. Ini dapat diterapkan melalui berbagai iterasi, termasuk chatbots, analisis dokumen, proses otomatisasi, atau analisis prediktif.

Franck Coisnon, Global Industry Solutions Director Atos mengungkapkan Robot Process Automation (RPA) akan menjadi hal yang lumrah terutama di dunia perbankan. Untuk mengotomatisasi tugas yang cukup sederhana dan berulang, teknologi ini sangat ideal. Sebaliknya, AI dapat mengotomatiskan tugas yang lebih kompleks yang membutuhkan proses kognitif atau ‘cerdas’.

Otomatisasi cerdas semacam ini sekarang sangat dicari. Meskipun RPA sempurna untuk proses back office dan akuntansi, jika digabungkan bersama AI, semua proses – termasuk yang dihadapi pelanggan – dapat diotomatisasi.

Dengan mempertimbangkan potensi ini, ada cakupan luas untuk penggunaan AI di seluruh perbankan:

  1. Layanan pelanggan. Ini adalah salah satu penggunaan AI yang paling umum di perbankan. Daripada harus mempekerjakan profesional untuk melayani klien yang menangani ribuan email secara manual, AI dapat menerima email, menguraikan artinya, dan kemudian memberikan jawaban yang sesuai yang dapat ditinjau dan dikirim oleh profesional klien hanya dengan satu klik. Otomatisasi cerdas adalah cara ampuh untuk mendorong efisiensi dan peningkatan di seluruh proses ujung ke ujung, misalnya proses pencairan cek.

2. AI juga digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dan intelijen dari pelanggan, memberikan wawasan unik kepada tim pengembangan bisnis, jalur penjualan, dan rekomendasi untuk ‘tindakan terbaik berikutnya’ untuk mengembangkan hubungan dan mendorong penjualan. AI dapat menunjukkan di mana atau jika suatu aplikasi cenderung gagal, meningkatkan kegunaan dan ketahanan infrastruktur TI.

3. Satu yang juga penting, memanfaatkan AI akan mampu mencegah penipuan. AI menjadi semakin penting dalam mengelola penipuan secara efektif. Hal ini dapat dilakukan dengan deteksi dan penghapusan pembayaran dengan unsur penipuan atau klaim. Selain itu AI juga dimanfaatkan untuk keamanan cyber. Ketika ancaman dunia maya tumbuh dan menjadi lebih kompleks, AI dapat diterapkan untuk analitik prediktif yang dapat mendeteksi serangan dunia maya, bahkan sebelum itu terjadi.

Beberapa bank telah sepenuhnya mengembangkan AI mereka secara serius. Sementara itu, yang lain masih mengeksplorasi manfaatnya, mencari cara untuk mempercepat pengiriman dan mengidentifikasi apa yang dapat dilakukan oleh teknologi ini, serta apa yang tidak dapat dilakukan.

AI yang terintegrasi dengan bisnis bank

Apa pun itu, sekarang ini bank-bank digital harus segera mengintegrasikan AI dalam bisnisnya dan terus mengembangkannya. Sebuah bank tidak bisa hanya membangun tim pakar AI, lalu meminta mereka untuk memberikan nilai. Lebih dari itu, AI harus diadopsi dan diintegrasikan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Masalah dengan pelanggan misalnya, itu bisa dicairkan dengan bantuan AI. Bank harus berhati-hati saat mengelola ekspektasi internal: AI bukan tentang mengganti otak manusia.

Teknologi AI memberi bank peluang untuk secara mendasar meningkatkan produk dan layanan yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Meskipun demikian, banyak bank hanya membuat kemajuan tentatif untuk memasukkan AI ke dalam operasi mereka. Yang benar adalah, bagi banyak bank, teknologi ini masih bersifat eksperimental. Beberapa bank mungkin menyalahkan kurangnya investasi, aset data yang terfragmentasi, atau cara kerja yang ketinggalan zaman yang menghambat kolaborasi antara tim operasional dan teknologi.

Meskipun lambatnya perubahan, untuk menyelesaikan secara efektif di masa depan, bank perlu mengadopsi teknologi AI sebagai dasar untuk proposisi nilai baru dan penawaran pelanggan yang berbeda.

Karena perbankan mapan semakin bersaing dengan pendatang baru seperti perusahaan teknologi besar – tren yang hanya meningkat selama pandemi COVID-19 – lembaga keuangan ini harus berani merangkul teknologi baru ini. Hal ini tentu akan memastikan mereka mengamankan kesuksesan jangka panjang di masa depan yang semakin digital. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.