Hack@ON, program kolaborasi dukung para Inovator percepat inklusi keuangan

- 4 Oktober 2022 - 18:30

 

Direksi Bank OCBC NISP dan tiga tim pengembang yang menjadi pemenang, berfoto bersama pada final Hack@ON di ON Space, BSD, Tangerang (25/7).

digitalbank.id – Masifnya adopsi teknologi digital di berbagai sektor kehidupan termasuk industri finansial dan perbankan, saat ini sedang mengembangkan peluang untuk mengakselerasi inovasi di era open banking yang tengah berkembang di Indonesia. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika memperkirakan Indonesia membutuhkan sebanyak 9 juta talenta digital untuk 15 tahun ke depan atau sekitar 600.000 talenta digital setiap tahunnya. Sehingga, dibutuhkan kolaborasi dengan seluruh pihak untuk dapat mengisi gap talenta digital tersebut.

Baru-baru ini Bank OCBC NISP menyelengarakan Hack@ON dengan mengusung tema #GakPerluRibet Let’s bank differently. Program ini mengajak talenta digital untuk dapat berkompetisi menuangkan ide kreatif yang dapat memajukan inklusi keuangan di Indonesia. Dimulai dari bulan Juli 2022, program ini mengadakan roadshow di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta untuk menarik minat anak muda menghadirkan inovasi perbankan. Program Hack@ON ini diharapkan dapat menjadi sebuah wadah bagi para inovator dan developer untuk dapat berkompetisi secara sehat demi memajukan inklusi keuangan di Indonesia. Selain menambah wawasan terhadap dunia perbankan saat
ini.

Filipus H Suwarno, Head of IT & Operation Bank OCBC NISP menyatakan bahwa “Program Hack@ON ini melahirkan inovator baru yang dapat mengakselerasi perkembangan open banking Indonesia,” katanya dalam siaran pers yang diterima digitalbank.id, Selasa (4/10).

“Talenta digital saat ini tidak hanya berpusat di industri teknologi saja, tapi juga industri perbankan. Adopsi teknologi sudah menjadi bagian dari sebuah bisnis, sehingga kesempatan berkarir dapat dilakukan di berbagai bidang, tanpa terkecuali di bidang perbankan,” tambah Head of Human Resource Bank OCBC NISP, Julie Anwar.

Acara puncak yang diselengarakan di ONSpace, BSD tanggal 24-25 September 2022 ini dimenangkan oleh Tim Semboja sebagai juara 1 dan memenangkan Rp100 juta dengan ide OCHA – OCBC Chat Assistant untuk para nasabah Bank OCBC NISP, juara 2 dimenangkan oleh Tim Async, dan juara 3 dimenangkan oleh Tim Evellyn Verity Mesak. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.