Kinerja P2P Lending makin moncer, catat kenaikan penyaluran pinjaman di kuartal I/2023

- 20 April 2023 - 22:21

digitalbank.id – INDUSTRI fintech peer-to-peer (P2P) lending diyakini akan terus tumbuh seiring dengan kinerja positif yang diraih para pengelolanya. Mencatatkan kenaikan laba pada Januari 2023 senilai Rp50,48 miliar, industri ini berhasil mencatatkan kenaikan penyaluran pinjaman kepada usaha kecil menengah (UKM) di kuartal I/2023 ini.

Sedikitnya ada dua pemain fintech yang bisa kita ambil sebagai barometer. Pertama adalah fintech P2P lending Akseleran yang berhasil membukukan kenaikan penyaluran pinjaman per kuartal I 2023.

Group CEO & Co-Founder Akseleran Ivan Tambunan menuturkan, pertumbuhan Akseleran tetap terjaga dengan baik melalui kinerja bisnis perseroan di kuartal I 2023 dengan rata-rata penyaluran pinjaman bulanan menembus di kisaran angka Rp260 miliar hingga Rp310 miliar.

Selama periode Januari hingga Maret di tahun ini, penyaluran pinjaman Akseleran berhasil mencapai Rp800 miliar lebih atau tumbuh hingga 32% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Penetrasi penyaluran pinjaman Akseleran terus meningkat di luar wilayah Pulau Jawa yang berhasil berkontribusi lebih dari 10% dari total penyaluran, antara lain di Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Bali, dan Sulawesi Selatan.

“Dengan sektor-sektor usaha yang masih mendominasi, yakni engineering/construction, coal & related energy, oil & gas, business & consumer services, dan transportasi,” terang Ivan.

Selain itu, Ivan bilang pertumbuhan yang terjadi turut ditopang oleh melesatnya produk payroll-backed employee loan yang walaupun kontribusinya belum sampai lebih dari 5% penyaluran pinjaman Akseleran namun selama tiga bulan terakhir di tahun ini berhasil tumbuh hingga 121% dibandingkan realisasi yang sama di tahun sebelumnya.

Menurutnya, untuk produk employee loan, Akseleran sudah bekerja sama dengan sebanyak 108 perusahaan yang menjadi mitra kerja dan diperkirakan akan bertambah terus.

Ivan menambahkan, sekitar 97% total penyaluran pinjaman diperuntukkan kepada sektor produktif, khususnya UKM dan sisanya untuk produk lain yang menyasar consumer loan, yaitu employee loan.

Hingga saat ini, kata Ivan, ada sebanyak hampir 5 ribu UKM yang sudah memperoleh pinjaman modal usaha melalui Akseleran, bahkan salah satu dari usaha penerima pinjaman tersebut sudah berhasil melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sekadar informasi, total penyaluran pinjaman usaha secara kumulatif Akseleran telah mencapai sekitar Rp 7,5 triliun lebih hingga minggu pertama April 2023.

Dengan mengusung target Rp 6 triliun di tahun ini, atau naik 100% dibandingkan realisasi tahun 2022, Ivan bilang semakin mendekati langkah Akseleran menuju penyaluran pinjaman dengan total kumulatif sebesar lebih dari Rp 12 triliun.

Kedua adalah Grup Modalku yang hingga akhir kuartal I 2023, telah berhasil menyalurkan pendanaan sebesar lebih dari Rp46,7 triliun kepada lebih dari 5,1 juta total transaksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

“Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, angka penyaluran pendanaan Grup Modalku mengalami pertumbuhan sebesar lebih dari 40,5%,” kata Reynold Wijaya selaku Co-Founder & CEO dari Modalku kepada Kontan.co.id belum lama ini.

Reynold mengatakan, pertumbuhan yang dialami oleh Modalku didukung oleh berbagai kolaborasi yang dilakukan untuk menjangkau lebih banyak UMKM dan inovasi produk yang menyesuaikan dengan kebutuhan UMKM.

“Di sisi lain, untuk menjaga pertumbuhan perusahaan, Modalku juga fokus terhadap kesehatan finansial perusahaan dengan bijak dalam mengatur seluruh alokasi pengeluaran perusahaan,” ujarnya. ■

Comments are closed.