Selain pacu pertumbuhan bisnis, solusi CBI mampu tingkatkan kualitas manajemen risiko Kredit Pintar

- 1 April 2023 - 06:05

digitalbank.id – PT Kredit Pintar Indonesia, perusahaan financial technology peer-to-peer (fintech P2P) lending terdepan yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menggunakan layanan credit score & report dari Credit Bureau Indonesia (CBI) dalam menyediakan akses pinjaman mikro jangka pendek kepada masyarakat.

Penggunaan solusi dari CBI (https://www.cbi.id/) telah membantu Kredit Pintar dalam meningkatkan kualitas manajemen risiko dan mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan yang lebih sehat.

Direktur Utama PT Kredit Pintar Indonesia Wijaya Oeij mengatakan sistem CBI ini relatif stabil. Pengecekan profil risiko nasabah lebih cepat dan nyaman.

“Laporan kredit yang sangat komprehensif dari CBI membantu menghasilkan serangkaian fitur yang meningkatkan model skor kami dengan baik,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (31/3).

Sementara Anton Adiwibowo, Direktur Bisnis dan Layanan CBI, mengatakan, layanan credit scoring CBI yang digunakan Kredit Pintar bertujuan mengembangkan solusi keuangan yang inklusif bagi masyarakat.

Prinsipnya, produk dan layanan informasi perkreditan CBI dirancang untuk membantu perusahaan di dalam menentukan strategi bisnis dan meningkatkan efisiensi serta manajemen risiko yang menunjang pertumbuhan perusahaan yang sehat.

“Kami mengerti bahwa untuk memenuhi kebutuhan manajemen risiko yang kompleks bagi perusahaan lembaga keuangan dan non-lembaga keuangan yang bidang usahanya terpapar pada risiko kredit, tidak cukup hanya dengan mengandalkan solusi yang bersifat generik,” ujarnya.

CBI menyediakan solusi yang menghasilkan informasi perkreditan komprehensif dan didukung oleh kemampuan team lokal data scientist dan IT engineering dalam melayani kustomisasi yang disesuaikan dengan karakteristik dari masing-masing klien.

“CBI bangga mendapat kepercayaan dari Kredit Pintar Indonesia. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang dapat diandalkan dan terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan Kredit Pintar Indonesia atas produk dan solusi manajemen risiko, agar terus bertumbuh dengan sehat dalam menjalankan kegiatan usahanya untuk memberikan akses keuangan kepada masyarakat luas,” tuturnya.

PT Kredit Biro Indonesia Jaya (KBIJ) adalah sebuah perusahaan lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP) yang telah berizin dan diawasi oleh OJK. Perusahaan ini kemudian berevolusi menjadi Credit Bureau Indonesia (CBI) pada Juli 2022.

Perubahan ini dilakukan seiring dengan perubahan produk dan layanan perusahaan yang ditujukan untuk memberikan solusi-solusi baru yang terdepan bagi setiap lembaga keuangan dan non-lembaga keuangan dalam manajemen risiko, untuk mendukung terciptanya inklusi keuangan yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. ■

Comments are closed.