Transaksi digital terus meroket, DANA bukukan 16,4 juta transaksi per November 2022

- 3 Januari 2023 - 15:36

Dompet digital DANA mencatat adanya peningkatan rata-rata transaksi harian sebesar 160,30% pada November 2022 (ytd) atau mencapai 16,4 juta transaksi.

digitalbank.id – Dompet digital DANA mencatat adanya peningkatan rata-rata transaksi harian sebesar 160,30% pada November 2022 (ytd) atau mencapai 16,4 juta transaksi. Pihak DANA periode yang sama juga mengungkapkan kebiasaan pengguna dalam bertransaksi secara digital, yakni transaksi kirim uang, meningkat sebesar 323,46%.

Menurut Chief of Product DANA Indonesia Rangga Wiseno, peningkatan signifikan transaksi itu dicapai lantaran masyarakat sudah terbiasa menggunakan domper digital dan menjadi bagian dari ekosistem keuangan digital.

“Peningkatan transaksi digital menandakan semakin tingginya tingkat kepercayaan pengguna dalam memanfaatkan DANA sebagai solusi layanan keuangan modern yang aman, nyaman, dan terpercaya,” ujarnya awal pekan ini.

Menurut dia, berbagai fitur unggulan lainnya juga mencatatkan kenaikan yang signifikan, antara lain pembayaran QRIS sebesar 374,25%, pembayaran tagihan sebesar 172,47%, dan transaksi pembelian emas digital sebesar 262,87%.

Adopsi pembayaran digital di tengah masyarakat, kata dia, menunjukkan peningkatan yang signifikan dari penggunaan produk dan layanan keuangan digital.

Hal ini dapat menjadi peluang bagi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan yang pada akhirnya akan mempercepat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

“Fintech juga memegang peranan penting dalam memperluas akses layanan keuangan dengan memastikan teknologi keuangan dapat melayani masyarakat segmen underbanked dan unbanked,” tutur Rangga.

DANA tahun lalu meraih peringkat pertama kategori “Top Improvers” dalam Bank and Payment System Consideration Rankings 2022 oleh YouGov. Peringkat ini didasarkan pada skor positive consideration brand dari YouGov BrandIndex yang mengukur besaran jumlah pelanggan suatu brand lembaga atau jasa keuangan yang akan mempertimbangkan menggunakan brand tersebut kembali di masa yang akan datang.

Sementara itu, Client Service Director YouGov, Ali Aria mengatakan transformasi digital Indonesia masih menunjukan kecenderungan yang terus menguat sepanjang 2022. Dompet digital merupakan salah satu segmen dengan pertumbuhan yang tertinggi di sektor finansial.

“Empat dari 5 Top Improver dalam Bank and Payment System Consideration ranking diisi brand-brand dompet digital dan bank digital. Hal ini menunjukan potensi pertumbuhan yang besar bagi ekosistem digital Indonesia, seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang masih terus berlanjut pasca pandemi,” tandas Ali. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.