Bibit bukukan penjualan dengan angka terbesar untuk SBSN ritel seri SR017

- 24 September 2022 - 07:35

Bibit.id menjadi mitra distribusi (midis) kategori fintech yang mencetak angka terbesar untuk penjualan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel seri SR017 pada 19 Agustus-14 September 2022.

digitalbank.id – BIBIT.ID menjadi mitra distribusi (midis) kategori fintech yang mencetak angka terbesar untuk penjualan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel seri SR017 pada 19 Agustus-14 September 2022. Dalam penjualan Savings Bond Ritel seri SBR011 (25 Mei-16 Juni 2022), Bibit juga menjadi midis kategori fintech yang mencatat jumlah investor terbanyak.

PR & Corporate Communication Lead Bibit.id, William, mengatakan bahwa pencapaian Bibit ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam menghadirkan pengalaman investasi yang aman, mudah, menyenangkan serta memberikan kontribusi bagi negeri.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan para investor kepada Bibit. Kami berkomitmen untuk terus mengajak masyarakat Indonesia dalam berinvestasi demi mencapai tujuan keuangan mereka masing-masing serta membawa dampak positif pada pembangunan negeri,” kata William dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, akhir pekan ini.

Menurut dia, selain 100% dijamin oleh negara, daya tarik SBN adalah, dengan membeli SBN artinya masyarakat telah turut serta dalam membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sebagai mitra distribusi (midis) penjualan Surat Berharga Negara (SBN) yang secara resmi ditunjuk oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Bibit.id terus berupaya meningkatkan kesadaran sekaligus mengajak masyarakat untuk berinvestasi di instrumen SBN, yang notabene 100% dijamin oleh negara.

Dalam waktu dekat, pemerintah Indonesia segera meluncurkan Obligasi Negara Ritel seri ORI022, yang merupakan Obligasi Negara Ritel kedua yang diterbitkan pemerintah pada tahun ini.

Masa penawaran ORI022 akan dimulai pada tanggal 26 September 2022 dan berakhir pada 20 Oktober 2022. ORI022 ditawarkan dengan imbal hasil (kupon) fixed rate atau tetap sebesar 5,95% per tahun dengan tenor tiga tahun serta dapat diperjual-belikan di pasar sekunder. Angka ini masih cukup tinggi dibandingkan rata-rata bunga deposito bank BUMN serta suku bunga acuan Bank Indonesia yang saat ini adalah 4,25%.

Di sisi lain, pajak yang dikenakan untuk imbal hasil ORI022 hanya 10%, lebih rendah dari pajak deposito yang sebesar 20%.

Dengan pajak yang relatif lebih rendah serta tidak adanya risiko gagal bayar karena 100% dijamin oleh negara, para investor ritel dapat melirik ORI022 sebagai alternatif passive income yang stabil di tengah kondisi perekonomian yang fluktuatif.

Pembelian/pemesanan minimal untuk ORI022 adalah Rp1 juta dan kelipatan Rp1 juta dengan maksimum Rp5 miliar. Pembayaran kupon pertama akan dilakukan pada tanggal 15 Desember 2022, dan selanjutnya pembayaran kupon akan dilakukan setiap bulan setiap tanggal 15.

Untuk bisa berinvestasi SBN di Bibit, para pengguna cukup mengklik icon atau banner “Surat Berharga Negara (SBN)” di homepage aplikasi maupun website Bibit. Dalam hal ini, Bibit bermitra dengan Stockbit Sekuritas untuk mengelola pencatatan dan penyimpanan Rekening Dana Investor SBN milik investor.

Nantinya, setelah investor melakukan pembayaran untuk transaksi SBN, investor akan menerima bukti transaksi berupa Bukti Penerimaan Negara (BPN). Di dalam BPN, terdapat Nomor Tanda Penerimaan Negara (NTPN) yang diterbitkan langsung oleh negara serta menjadi bukti kepemilikan SBN yang dibeli.

“Melanjutkan apa yang telah kami lakukan, kami ingin membantu pemerintah meningkatkan partisipasi investor asal Indonesia dalam membangun negeri, meningkatkan ketahanan pasar keuangan domestik serta mengurangi ketergantungan pada investor asing,” demikian William. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.