Ekspansi bisnis digital BNI di 2021 sukses, transaksi nasabah tembus Rp4.615 triliun

Share post:

Ekspansi bisnis digital yang dilakukan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) berjalan sukses selama 2021 lalu dengan nilai transaksi nasabah mencapai Rp4.615 triliun.

digitalbank.id – Ekspansi bisnis digital yang dilakukan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) berjalan sukses selama 2021 lalu dengan nilai transaksi nasabah mencapai Rp4.615 triliun. Tahun lalu merupakan periode pembuktian BNI dalam melakukan ekspansi bisnis digital, salah satu Product Champion BNI adalah API Open Banking.

Direktur IT dan Operasi Bank BNI, Y.B. Hariantono, dalam public expose virtual di Jakarta, Rabu (26/2) mengatakan, total transaksi BNIDirect sepanjang 2021 telah mencapai angka 494,3 juta transaksi dengan pertumbuhan 115,3% yoy dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: Pasca diakuisisi BNI dan dijadikan bank digital, begini nanti nasib karyawan Bank Mayora

“Nilai tersebut mencapai Rp4.615 triliun atau naik 14,2% yoy. Unggul dan optimalisasi digital adalah salah satu pencapaian kita di tahun 2021. Tahun ini merupakan pembuktian BNI dalam melakukan ekspansi bisnis digital,” katanya.

BNIDirect merupakan solusi layanan transaksi yang terintegrasi untuk nasabah bisnis dan institusi, termasuk UMKM. Layanan BNI Direct meliputi manajemen pembayaran, manajemen koleksi, manajemen likuiditas, audit dan reporting hingga layanan garansi bank dan ekspor-impor seperti L/C dan trade finance.

Baca juga: Gencarkan smart city, BNI bentuk ekosistem digital di Sumatera Barat

“Karena keandalannya, BNIDirect juga digunakan oleh digital clients seperti e-commerce dan fintech companies, peer to peer landing dan sebagainya. Total digital clients BNIDirect telah mencapai 321, meningkat dari tahun sebelumnya yang tercatat hanya 198 klien,” ujarnya.

Selain itu, Y.B. Hariantono memaparkan adanya pertumbuhan pengguna layanan BNI Mobile Banking sebesar 38,9% yoy, menembus 10,8 juta users. Nilai transaksi meningkat 31,9% yoy mencapai Rp615 triliun dengan jumlah transaksi dalam satu tahun penuh sebanyak 434 juta transaksi atau naik 43,4% yoy.

Adapun produk Open API banking BNI telah memiliki lebih dari 443 jenis layanan yang merupakan terbanyak di antara bank peers lainnya. BNI Open API juga mempunyai lebih dari 4000 mitra atau ekosistem digital yang terhubung dengan BNI. (HAN)

Related articles

NIM perbankan Indonesia tertinggi di dunia, ini penyebabnya…

digitalbank.id - BILA dibandingkan dengan negara-negara yang setara, diketahui margin bunga bersih (net interest margin/NIM) perbankan di Indonesia...

CIMB Niaga terus genjot layanan [email protected] untuk nasabah korporasi

digitalbank.id - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) terus menggenjot layanan [email protected] untuk memfasilitasi transaksi perbankan digital bagi...

Hadirkan e-Imsakiyah, BNI beri solusi praktis dan informatif bagi nasabah yang menjalankan ibadah puasa

digitalbank.id - Menyambut bulan Ramadan 1444H, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menghadirkan solusi praktis untuk...

OJK luncurkan Prime untuk mendukung penguatan fungsi pengawasan sektor jasa keuangan

digitalbank.id - DEMI mewujudkan pengawasan terintegrasi dalam mendukung penguatan fungsi Otoritas Jasa Keuangan dalam mengatur dan mengawasi sektor...