Dukung industri kopi lokal go international, BRI gelar BRI Indonesia Coffee Event (ICE) 2022

Share post:

BRI ICE 2022 merupakan ajang pertemuan seluruh ekosistem kopi di Tanah Air yang digelar pada 26-29 Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

digitalbank.id – Sebagai bentuk dukungan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia untuk naik kelas dan meningkatkan kapasitasnya, terutama industri kopi lokal, BRI menggelar BRI Indonesia Coffee Event (ICE) 2022 yang diselenggarakan bersama Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan sebagian besar peserta berasal dari komunitas kopi dari Sabang sampai Merauke.

“Melalui keterlibatan BRI dalam event ini, kami berharap pelaku ekosistem kopi di Indonesia dapat turut berkompetisi di Internasional dan mempromosikan Specialty Coffee unggulan Indonesia,” ungkap dia dalam keterangannya, awal pekan ini.

BRI ICE 2022 merupakan ajang pertemuan seluruh ekosistem kopi di Tanah Air yang digelar pada 26-29 Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Para pelaku ekosistem kopi khususnya industri hilir, berkompetisi pada dua kategori championship, yakni Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC).

BRI juga membuka booth untuk memfasilitasi UMKM yang membutuhkan pendampingan pemberdayaan, konsultasi dan diskusi terkait permodalan sampai dengan layanan transaksi perbankan. BRI juga mendukung transaksi di coffee village menggunakan QRIS dan EDC yang sejalan dengan journey pemberdayaan UMKM BRI yakni go digital.

“Harapannya kopi Indonesia bukan hanya menjadi tuan rumah di Tanah Air, tetapi juga dapat merajai pasar kopi di manca negara. Indonesia memiliki aneka specialty coffee unggulan dari Aceh sampai Papua yang diyakini dapat bersaing dengan negara penghasil kopi lainnya,” demikian Amam.

Terdapat beberapa program pemberdayaan BRI yang dapat mendukung UMKM go ekspor di antaranya BRILianpreneur, Growpreneur, BRIncubator dan Rumah BUMN.

“BRI berkomitmen untuk terus mendorong para stakeholder bersama-sama membangun industri kopi menjadi ekosistem yang lebih efisien dan berkelanjutan sehingga kesejahteraan tidak hanya dirasakan oleh beberapa pelaku ekosistem, namun juga oleh semua pelaku ekosistem kopi dari petani di tingkat hulu hingga pengusaha ritel di hilir,” katanya.

Sebagai informasi, pemenang dari tiap kompetisi tersebut, yakni Yessylia Violin dari Common Ground yang dinobatkan sebagai Juara IBC 2022 dan John Richard Christopher dari Fugol Coffee Roaster sebagai Juara IBrC 2022, akan diberangkatkan mewakili Indonesia dalam kejuaran dunia di bawah naungan organisasi World Coffee Events (WCE), di mana tahun ini akan diselenggarakan di Melbourne, Australia pada 27-30 September 2022. (HAN)

Related articles

DANA yakin kinerjanya makin moncer di tahun 2023

digitalbank.id - PERTUMBUHAN pengguna dompet digital terus berlanjut karena menawarkan berbagai kemudahan. Maka tak heran Layanan dompet digital...

Dukung net zero emission, 11.000 MWh listrik Bank OCBC NISP bersertifikat energi hijau PLN

digitalbank.id - Berkomitmen untuk terus menjalankan bisnis yang berkelanjutan, Bank OCBC NISP menerima sertifikat energi hijau atau Renewable...

Pengguna BNI Mobile per Februari 2023 lampaui 14 juta user, nilai transaksinya Rp155,51 triliun

digitalbank.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI terus mencatatkan pertumbuhan positif terkait layanan BNI Mobile...

Bank Commonwealth, Amar Bank, KB Bukopin dan J Trust telah terkoneksi dengan BI-Fast

digitalbank.id - PT Rintis Sejahtera kembali mengkoneksikan empat bank ke dalam layanan BI-Fast melalui Multi-tenancy Infrastruktur Sharing. Keempat...