Besut OCBC MyOwn, generasi alfa usia 7-15 tahun kini bisa bertransaksi digital

- 4 September 2024 - 16:30

OCBC akan segera memungkinkan generasi alfa atau anak-anak berusia 7-15 tahun, untuk melakukan transaksi perbankan digital melalui rekening mereka sendiri dan memiliki kartu debit.

Rekening OCBC MyOwn, tersedia untuk kelompok usia ini mulai 20 Oktober mendatang dan akan beroperasi dalam batasan dan kontrol yang ditetapkan oleh orang tua, demikian pernyataan resmi bank berbasis di Singapura tersebut, Selasa (3/9).

Karena persyaratan usia minimum, sebagian besar remaja dan anak-anak di bawah 16 tahun tidak dapat mengoperasikan rekening bank mereka sendiri, catat OCBC. “Sebaliknya, sebagian besar rekening bank mereka dipegang bersama dengan orang tua mereka, dengan akses perbankan digital hanya diberikan kepada orang tua mereka,” katanya.

OCBC mengatakan bahwa Rekening OCBC MyOwn akan didaftarkan hanya atas nama anak tersebut. Akan tetapi, orang tua harus menjadi orang yang membuka rekening tersebut melalui aplikasi OCBC Digital mereka.

Orang tua dapat mengunduh aplikasi OCBC Digital ke telepon pintar terpisah dan anak mereka dapat membuat nama pengguna dan kata sandi mereka sendiri untuk mengakses rekening bank mereka secara digital setelah rekening dibuka.

Selain itu, Kartu Debit OCBC MyOwn akan diberikan bersama rekening dan anak dapat “memilih desain favorit mereka dari berbagai pilihan menarik”, kata ba

Orang tua akan dapat memantau aktivitas akun anak mereka melalui aplikasi secara real-time. Ini termasuk transfer dana anak, pembayaran, penyetoran atau penarikan ATM, serta penggunaan kartu debit, demikian OCBC.

Dasbor tampilan orang tua dan anak ini adalah yang pertama bagi aplikasi perbankan digital di Singapura, tambahnya. Ada kontrol akun tertentu yang hanya dapat diakses melalui aplikasi orang tua, dan ini akan “diluncurkan secara bertahap”.

“Ini termasuk menetapkan batasan transaksi pada akun dan kartu debit, memperbarui rincian kontak anak mereka, mengatur ulang kartu dan PIN, dan melaporkan kartu debit yang hilang.”

Orang tua juga dapat segera diberi tahu melalui pemberitahuan push atau email saat anak mereka melakukan pembelian atau transfer dana. ■

Comments are closed.