Metaverse: Peluang Bisnis Seumur Hidup?

- 9 Maret 2022 - 07:00

digitalbank.id – BAYANGKAN Anda sedang dalam perjalanan ke tempat kerja. Tiba-tiba ponsel cerdas Anda berdering. Anda lupa logout dari game yang sedang Anda mainkan. Sekarang tim Anda melakukan menyolek Anda untuk bergabung dengan serangan grup untuk mengumpulkan jarahan yang berharga. Loot itu berharga dan seringkali bisa dijual untuk crypto. Anda tidak ingin ketinggalan kemajuan Grup dan mendapatkan uang tambahan. Pada saat yang sama, penawaran digital sedang berlangsung untuk karya seni digital yang Anda jual untuk beberapa token. Jangan lupa bahwa Tanggal eBlind yang Anda miliki dalam 30 menit. Wuih begitu banyak gangguan di metaverse!

Kedengarannya membingungkan? Mungkin, tapi inilah kelak dunia tempat kita hidup dan begitulah cara miliaran orang berinteraksi dalam realitas yang sebagian fisik, sebagian digital, dan kini sudah diambang pintu.

Selamat datang di metaverse. Sebuah kenyataan yang ada di sekitar kita. Seperti Matriks. Pilihannya adalah, Anda lebih baik mempersiapkan diri juga bisnis Anda untuk beradaptasi dengan cepat dan beradaptasi secara mendalam. Gagal melakukannya akan membuat Anda kehilangan ekonomi baru, di mana triliunan dolar akan membentuk perusahaan mana yang berhasil dan perusahaan mana yang akan berkuasa.

Wikipedia mendefinisikan The Metaverse sebagai “ruang bersama virtual kolektif, yang diciptakan oleh konvergensi realitas fisik yang ditingkatkan secara virtual dan ruang virtual yang persisten secara fisik, termasuk jumlah semua dunia virtual, augmented reality, dan Internet.”

Metaverse pada dasarnya adalah kumpulan pengalaman fisik dan digital yang tumpang tindih dan terintegrasi dengan mulus.
Dunia metaverse adalah matriks yang selalu berkembang. Pada waktunya orang akan dapat memasuki metaverse, sepenuhnya secara virtual (dengan headset VR) atau berinteraksi dengan bagian-bagiannya di ruang fisik mereka dengan bantuan Augmented Reality dan Mixed Reality.

Seperti yang ditunjukkan oleh contoh Fortnite, Metaverse membuka dunia baru bagi bisnis untuk menghasilkan uang dan menjangkau pelanggan. Di masa lalu tentu saja ada Second Life dan orang-orang menjual vila dan toko virtual kepada orang lain. Dan beberapa dari properti ini bernilai jutaan dolar. “Tetapi Metaverse saat ini mengambil semua ini satu langkah lebih jauh,” kata Joris Beerda, Co-Founder dan Managing Director The Octalysis Group, sebuah perusahaan konsulan transformasi digital yang memfokuskan pada gamifikasi dan desain software yang berorientasi pada perilaku manusia.

Beerda menyakini bahwa datangnya era metaverse menciptakan peluang besar bagi bisnis. Seperti yang dikatakan CEO Epic Games Tim Sweeney: “Metaverse ini akan menjadi jauh lebih meresap dan kuat dari apa pun. Jika satu perusahaan menguasai ini, mereka akan menjadi lebih kuat dari pemerintah mana pun dan menjadi dewa di Bumi.”

Sudah ada tanda-tanda peluang besar terbuka. Lihatlah artis bernama “Beeple” (Mike Winkelmann) yang mulai menjual karya seni digital unik secara online. Yang Anda beli hanyalah gambar dengan bukti kepemilikan token blockchain NFT (non fungible token). Selama 3 hari di bulan Desember 2021, Beeple menjual karya seni digital senilai US$ 3,5 juta. Baru-baru ini, hiruk-pikuk pembelian memuncak ketika pemilik metaverse karya seninya sendiri membeli karya seni pamungkas Beeple senilai US$ 69 juta!

Luar biasa bukan? Dan hal yang sama tak dapat dibayangkan betapa powerfulnya perbankan Indonesia bila ada di metaverse. Perbankan bisa sangat berdaya membangun gamifikasi, engagement dengan pelanggan seluas mungkin. Memang, masih ada batasan karena harus tunduk dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun sebenarnya, OJK pun tidak melarang bank masuk ke metaverse, karena OJK pun akan mengikuti dan meresponnya dengan regulasi.

Metaverse dipastikan akan menjadi teknologi paling menarik yang layak dipertimbangkan perbankan di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Pengalaman imersif yang ditawarkan metaverse bisa dikemas oleh perbankan sebagai new experience bagi nasabahnya yang bermuara pada customer satisfaction.

Namun, meskipun tahapnya di Indonesia saat ini masih baru, perbankan tidak bisa hanya menunggu, mengingat perkembangan teknologi metaverse amat cepat dan banyak sekali peluang di metaverse yang bisa dieksplor perbankan untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya. Dua bank plat merah BRI dan BNI telah berkomitmen menjejakkan kakinya di metaverse, suatu langkah yang positif. Siapa menyusul?(Safaruddin Husada)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.