Indosat dan Accenture kolaborasi dukung masa depan digital Indonesia

- 17 September 2024 - 21:04

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group, melalui anak perusahaannya Lintasarta mengumumkan kolaborasinya dengan Accenture (NYSE: ACN) untuk mempercepat platform cloud AI miliknya, yang bertujuan untuk mendorong transformasi digital berbasis AI di Indonesia.

Inisiatif ini menggunakan platform Accenture AI Refinery™ untuk membantu perusahaan-perusahaan Indonesia membangun solusi AI mutakhir, yang disesuaikan untuk berbagai sektor industri, sekaligus memastikan tata kelola data yang berdaulat.

Kolaborasi ini awalnya akan difokuskan pada solusi AI untuk sektor jasa keuangan Indonesia, salah satu pilar utama perekonomian negara ini. Didukung oleh platform AI Refinery, Accenture akan menyediakan solusi siap pakai yang dapat secara signifikan mengurangi waktu untuk memperoleh nilai, dengan arsitektur modular untuk memenuhi kebutuhan klien di mana pun mereka berada dalam perjalanan AI mereka.

Solusi ini akan memungkinkan bank-bank Indonesia untuk memanfaatkan AI, mendorong profitabilitas, efisiensi operasional, dan pertumbuhan berkelanjutan di pasar yang sangat kompetitif.

Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menyoroti visi perusahaan, “Di Indosat, kami sangat berkomitmen untuk mendukung visi Indonesia menjadi negara yang berdaya secara digital pada tahun 2045, dan melihat AI sebagai pendorong utama bagi ketahanan ekonomi dan pemberdayaan teknologi di Indonesia. Kolaborasi dengan Accenture dan Lintasarta ini membawa kami lebih dekat untuk mencapai tujuan tersebut, karena kami menggabungkan keahlian global dengan wawasan pasar lokal. Bersama-sama, kami membangun infrastruktur yang akan memungkinkan bisnis di seluruh Indonesia untuk memanfaatkan kekuatan transformatif AI, mendorong pertumbuhan, inovasi, dan ekonomi digital yang lebih kuat.”

Senthil Ramani, direktur pelaksana senior dan pimpinan Data & AI global di Accenture mengatakan, “Dengan Accenture AI Refinery, kami mendukung upaya Indosat dan Lintasarta untuk membantu perusahaan-perusahaan Indonesia membuka nilai yang belum pernah ada sebelumnya dari AI, sembari mematuhi peraturan lokal dan industri serta memastikan bahwa data sensitif tetap berada dalam batas-batas negara. Ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam perjalanan menuju kedaulatan AI dan bersama-sama, kami akan membantu perusahaan-perusahaan Indonesia di seluruh industri mendefinisikan ulang masa depan mereka di era penemuan kembali yang digerakkan oleh AI.”

Kolaborasi ini menggarisbawahi tujuan Indosat yang lebih besar untuk memberdayakan Indonesia, berkontribusi pada transformasi digital dan kedaulatan teknologi bangsa. Dengan mengembangkan platform AI berdaulat pertama di negara ini, Lintasarta dan Accenture berupaya untuk membuka potensi AI sambil menegakkan prinsip-prinsip penting keamanan data, kedaulatan, dan inovasi. ■

Comments are closed.