digitalbank.id – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) awal 2023 akan mengintegrasikan seluruh layanan digitalnya dalam satu super app New BTN Mobile untuk mempermudah nasabah mendapatkan layanan digital mortgage ecosystem perseroan.
Wakil Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, BTN saat ini memiliki berbagai layanan digital seperti mobile banking BTN, internet banking BTN, btnproperti, btnproperti for developer, SMART Residence dan rumahmurahbtn.co.id.
“Nantinya seluruh layanan digital itu akan kami integrasikan ke dalam satu aplikasi SuperApp BTN Mobile yang rencananya akan diluncurkan awal tahun 2023,” katanya di Jakarta, pekan ini.
Menurut dia, dengan diluncurkan SuperApp BTN Mobile diharapkan semakin mempermudah para nasabah mengakses seluruh layanan perbankan BTN hanya dalam genggaman smart phone.
Selain itu, keberadaan SuperApp BTN Mobile melengkapi fundamental Bank BTN menjadi One Stop Shop Housing Ecosystem.
Lebih lanjut nixon mengatakan seluruh proses transformasi digital yang mereka lalukan sejak tiga hingga empat tahun lalu, telah berdampak signifikan terhadap kinerja keuangan perseroan.
“Transformasi digital yang kami lakukan selama ini telah terbukti efektif dalam menekan cost of fund yang saat ini berada dikisaran tiga persen. Ini sejarah juga buat BTN di mana, efisiensi cost of fund bisa membuat aset kita akhir tahun 2022 diperkiraka akan tembus Rp400 triliun dan kredit mencapai kisaran angka Rp300 triliun,” kata Nixon.
Dia juga optimistis realisasi laba bersih Bank BTN tahun 2022 ini diperkirakan bisa menembus angka Rp3 triliun. “Laba 2022 adalah laba paling tinggi bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan sebelum Covid-19,” katanya.
Sementara itu pada kesempatan yang sama Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto menambahkan, berbagai inovasi digital yang dilakukan Bank BTN termasuk SuperApp BTN Mobile bertujuan agar nasabah perseroan dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan akan hunian dan perawatannya.
“Kami senantiasa berinovasi agar BTN Digital Mortgage Ecosystem dapat menyediakan layanan digital yang memenuhi empat aspek yakni living, renting, buying, dan selling. Dengan begitu, nasabah tidak hanya mudah mencari properti dan mengajukan pinjaman, tapi juga memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk perawatan dan kebersihan hunian,” tutur Andi.
Adapun, hingga September 2022, berbagai layanan digital yang dimiliki Bank BTN yakni mobile banking BTN, internet banking BTN, btnproperti, btnproperti for developer, SMART Residence, hingga rumahmurahbtn.co.id. Layanan btnproperti sendiri telah mencatatkan 19,6 juta pengunjung dengan lebih dari 245.000 anggota dan penyaluran kredit hingga Rp942 miliar per September 2022. (HAN)