Digital perbankan, merketplace hingga Insurtech jadi alasan utama perusahaan cloud India masuk ke Indonesia

- 23 September 2022 - 10:55

digitalbank.id – EXOTEL Techcom Pvt. atau Exotel akan melakukan ekspansi ke Indonesia pada tahun 2023. Selain menyasar pasar Indonesia, kantor Jakarta juga akan melayani seluruh kawasan Asia Tenggara. “Kami berharap dapat membuka kantor di Jakarta dalam waktu dekat, dan kami juga berharap dapat menggunakan kantor Jakarta sebagai kantor pusat kami untuk melayani seluruh wilayah Asia Tenggara,” kata CEO Exotel Shivakumar Ganesan. pada Kamis (22/9/2022).

Shivakumar menjelaskan, rencana ekspansi tersebut sejalan dengan penduduk Indonesia yang semakin terbiasa dengan layanan digital. Dalam dua tahun terakhir atau sejak Covid-19, pergerakan masyarakat begitu terbatas sehingga banyak model bisnis yang menggunakan sistem online (dalam jaringan) atau hybrid (kombinasi online dan offline).

Dalam kondisi seperti ini, Indonesia telah menjadi pasar yang penting bagi Exotel. “Indonesia adalah pasar yang sangat istimewa bagi kami. Ini [Indonesia] sebenarnya pasar terbesar kedua bagi kami [Exotel],” kata Shivakumar.

Data terakhir dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa volume transaksi uang elektronik (EU) meningkat 43,24% year-on-year menjadi Rs 35,5 triliun, sementara volume transaksi bank digital meningkat 31,40% year-on-year menjadi Rp. 4.557,5 triliun pada Agustus 2022.

Sementara itu, menurut Shivku, Exotel saat ini memiliki tiga mitra saluran yang telah bekerja sama selama lima tahun terakhir dan berharap dapat meningkatkan jumlah mitra saluran di masa mendatang. Menurut situs resmi perusahaan per Kamis (22 September 2022), Exotel sejauh ini telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan terkemuka di India dan Asia Tenggara, antara lain Gojek, Tokopedia, Lazada, dan Fabelio.(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.