Bank Mandiri hari ini secara serentak digitalkan 241 cabangnya di Tanah Air

- 29 Juli 2022 - 21:44

Bank Mandiri kembali melanjutkan transformasi digital dengan meluncurkan 241 Smart Branch by Mandiri secara serentak di seluruh Indonesia. Inovasi Smart Branch by Mandiri yang kali ini diluncurkan, mengadopsi fitur-fitur layanan baru yang berorientasi kepada nasabah atau customer centric.

digitalbank.id – Bank Mandiri kembali melanjutkan transformasi digital dengan meluncurkan 241 Smart Branch by Mandiri secara serentak di seluruh Indonesia. Inovasi Smart Branch by Mandiri yang kali ini diluncurkan, mengadopsi fitur-fitur layanan baru yang berorientasi kepada nasabah atau customer centric.

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Aquarius Rudianto menjelaskan, bahwa langkah transformasi digital ini merupakan bagian dari inisiatif Bank Mandiri dalam mendorong peningkatan literasi keuangan digital di Tanah Air.

Menurut dia, melalui fitur-fitur ini, nasabah yang datang ke Smart Branch by Mandiri akan merasakan pengalaman perbankan yang cepat, mudah, aman dan handal dengan dukungan digital technology. Smart Branch by Mandiri didesain untuk dapat mengakomodir kebutuhan nasabah berdasarkan tingkat adopsi digital, dengan menghadirkan proses layanan yang terintegrasi dengan digital channel (Livin’ dan Kopra) dan self-service machine.

Selain itu, nasabah yang memerlukan konsultasi produk dan layanan lainnya juga dapat langsung dibantu oleh General Banker (GB) yang bertugas.  Untuk itu, transformasi Smart Branch by Mandiri akan hadir dalam tiga tipe, yaitu Digital Box, Hybrid Branch dan Upgrade Branch.

“Ketiga tipe ini diharapkan dapat mengakomodir seluruh karakter nasabah maupun masyarakat, yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang maupun edukasi finansial dengan lebih nyaman dan interaktif,” ujar Aquarius.

Digital Box akan hadir untuk nasabah yang membutuhkan layanan perbankan secara express tanpa antrean. Adapun, tipe Hybrid Branch hadir untuk membantu nasabah yang membutuhkan layanan cepat dan terdigitalisasi, serta beragam kebutuhan financial yang kompleks lainnya.

Untuk tipe ketiga, yakni Upgrade Branch (Digital Corner) dihadirkan bagi nasabah yang membutuhkan pendampingan staf, untuk bertransaksi dan beragam kebutuhan financial yang kompleks lainnya.

Ketiga jenis cabang tersebut dilengkapi dengan self-service machine, seperti ATM Setor Tarik, Customer Service Machine (CSM), dan Video Conference Box, yang dapat memungkinkan nasabah berinteraksi secara daring dengan staf Bank Mandiri, dan General Banker yang akan memberikan solusi financial kepada nasabah.

Aquarius melanjutkan, Smart Branch by Mandiri hadir untuk memberikan kemudahan transaksi perbankan bagi nasabah, karena proses layanannya yang terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri. Melalui fitur Layanan Cabang di Livin’ by Mandiri, nasabah dapat membuat reservasi sebelumnya untuk bertransaksi di Smart Branch by Mandiri dengan lebih cepat, mudah, aman dan sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, bagi nasabah yang belum melakukan reservasi melalui Livin’ by Mandiri, Bank Mandiri tetap menghadirkan kemudahan transaksi dengan adanya electronic form (e-Form) yang paperless.

‘’Dengan implementasi sistem operasional cabang yang baru, keamanan transaksi nasabah dapat dijaga dengan baik melalui metode personal approval, yang dapat dilakukan oleh nasabah sendiri terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri,’’ imbuhnya.

Sebagai informasi, pada 29 Juli 2022 Bank Mandiri meresmikan 241 Smart Branch by Mandiri yang tersebar di 89 kota/kabupaten dan 29 provinsi secara serentak. Dengan inovasi ini, diharapkan seluruh nasabah dan masyarakat di Indonesia dapat merasakan pengalaman perbankan baru, bukan hanya di ibu kota tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, nasabah dan masyarakat juga mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi, karena Bank Mandiri peduli dan selalu hadir di dekat nasabah.

Dalam mendukung digitalisasi, Bank Mandiri secara konsisten turut melakukan pengembangan karir Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program Mandirian Siap Jadi Digital. Aquarius menjelaskan, hal itu sejak awal telah menjadi strategi bisnis perusahaan.

‘’Dalam menyiapkan SDM agar tetap relevan, Bank Mandiri mengutamakan prinsip No One Left Behind, atau tidak ada peran dari Mandirian yang terpinggirkan. Karena kami meyakini, kualitas SDM yang adaptif dengan Gerakan Bersama dari seluruh Mandirian merupakan kunci keberhasilan transformasi digital dan keberlangsungan bisnis Bank Mandiri ke depan,” tuturnya.

Lebih lanjut, dalam roadmap transformasi digital Bank Mandiri, pengembangan SDM atau Mandirian telah menjadi fokus utama perseroan. Secara bertahap, Bank Mandiri telah menyiapkan Strategic Workforce Program (SWP) berupa upskilling maupun reskilling kepada Mandirian, mulai dari tenaga-tenaga garda terdepan (frontliner) seperti di cabang hingga back office, untuk dapat beradaptasi dengan cepat pada peran baru yang dijalankan, sehingga tidak ada pengurangan pegawai sama sekali.

Sebagai contoh, customer service dan teller diberikan pelatihan dan pendidikan untuk membentuk kemampuan baru dengan menjadi General Banker agar dapat dengan fasih menjelaskan fitur atau fasilitas di Smart Branch by Mandiri.

“Ke depan, Bank Mandiri akan terus melakukan perekrutan talenta-talenta muda yang diharapkan dapat mendukung pengembangan bisnis Bank Mandiri, terutama dalam mendukung transformasi digital,’’ tambahnya. Dengan meningkatnya aktivitas bisnis secara konsisten, sambung dia, tentu akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tentunya diperlukan kapasitas SDM yang cukup dengan kapabilitas yang relevan.

Menurut Regional Operation Head Bank Mandiri Region VI / Jawa 1 Beny Setiawan, khusus di Jawa Barat telah tersebar 17 Smart Branch. Smart Branch itu terdiri dari 15 Smart Branch di Area Bandung Raya, 1 Smart Branch di Tasikmalaya, dan 1 Smart Branch di Cirebon.

Untuk itu, pihaknya mengajak nasabah Mandiri di Jawa Barat untuk memanfaatkan keberadaan cabang cabang digital ini, dalam mendapatkan akses layanan perbankan modern ala Bank Mandiri. ‘’Lalu nasabah juga diajak merasakan experience layanan yang lebih cepat, mudah, aman dan paperless,’’ imbuh Beny.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha corporate, hubungan kelembagaan, commercial, micro dan SME, consumer banking, treasury dan international banking. Bank Mandiri saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya.

Yakni Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury and financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura).

Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail. Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi, sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif.

Misalnya layanan Cash Management, Forex, Trade and Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API). Sementara layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.

Hingga Juni 2022, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 3.869 jaringan kantor, yang terdiri dari 2.238 kantor cabang dan 1.631 kantor mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.077 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin’ by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000. Untuk mengetahui informasi detail tentang Bank Mandiri, bisa mengakses melalui www.bankmandiri.co.id. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.