4 alasan utama mengapa bank harus masuk ke metaverse

- 2 Juni 2022 - 10:00

digitalbank.id – BANK pertama di dunia yang memasuki metaverse dengan banyak kemeriahan adalah JP Morgan awal tahun ini. Raksasa investasi AS ini telah mengambil plot besar di Decentraland dan membanggakan harimau yang berkeliaran sebagai fitur di Onyx Lounge-nya.

Setelah itu, Kookmin Bank Korea Selatan telah membuka opsi layanan pelanggannya dengan memberikan konsultasi one on one (pribadi) di metaverse. Selanjutnya HSBC kemudian mengikuti, membuka cabang di wilayah Sandbox metaverse yang mapan.

David Urbano, Chief Marketing Officer Imagin, mengatakan perbankan di metaverse kini sudah bergeser dari sekedar tren turun ke peluang potensial. “Konsep metaverse masih dalam tahap awal sehingga sulit untuk mengetahui apa dampak jangka pendeknya, dari sudut pandang bisnis perbankan. Kami benar-benar percaya bahwa ini menandai evolusi digitalisasi seperti yang kita ketahui, dan di masa depan, ini akan menjadi peluang bisnis yang signifikan.”

Dia melanjutkan, “Yang jelas adalah bahwa ini akan tetap ada, dan akan terus menambah lebih banyak aktivitas dan pengguna dengan cepat. Karena alasan inilah kami memutuskan untuk memasuki metaverse.”

Urbano menyebutkan, sedikitnya ada empat aspek utama yang menarik bank dan fintech ke metaverse, antara lain:

Pertama adalah early stage opportunism — peluang sukses di tahap awal. Coba kita perhatikan, jika pebisnis tahu betapa suksesnya internet di akhir 90-an, maka kebanyakan dari mereka akan mengadopsinya lebih cepat. Saat ini metaverse pun oleh sebagian orang masih dianggap asing sebagaimana halnya ketika internet pertama kali diperkenalkan tahun 1990. Kini internet sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dan masa depan internet selanjutnya adalah metaverse yang sudah diambang pintu.

Kedua adalah Peluang branding. Sangat kecil kemungkinannya bahwa orang akan memasuki metaverse untuk mengunjungi bank mereka karena semua proses dapat dilakukan dengan mudah secara online, dan mengunjungi bank – bahkan bank virtual, bukanlah hal yang menyenangkan. Tetapi dengan memasuki metaverse, institusi-institusi ini tetap relevan dan menempatkan jejak mereka di dunia yang menunjukkan potensi pertumbuhan, seperti HSBC di Sandbox dan JP Morgan di Decentraland, mereka akan ditempatkan di jantung area yang mendapatkan banyak langkah virtual.

Aspek ketiga adalah Dimensi baru untuk layanan pelanggan. Saat ini layanan perbankan online sangat revolusioner. Tetapi banyak institusi ingin tetap dapat menawarkan apa yang mereka anggap sebagai layanan manusiawi dengan tatap muka. Dan metaverse menawarkan kemungkinan itu.

Adapun aspek yang keempat, metaverse adalah surga bagi mata uang digital. Mata uang kripto adalah raja di dunia maya, dan banyak bisnis di metaverse sudah berdagang dengan sejumlah mata uang berbeda. Tren ini tampaknya akan terus berlanjut.

Urbano mengatakan bahwa hanya eksplorasi dunia augmented reality yang akan mengungkapkan kemampuannya yang sebenarnya, “Saat ini, sejumlah besar metaverse yang ada berada dalam fase beta. Saat ini, peran kami di metaverse adalah salah satu eksplorasi dan pembelajaran, untuk dapat memahami semua layanan yang dapat ditawarkan di masa depan.”

“Keberhasilan lembaga keuangan di lingkungan baru ini akan bergantung pada kemampuannya untuk menawarkan layanan dan/atau produknya secara efektif di dunia maya baru ini. Kami percaya bahwa layanan di metaverse dapat memediasi pembayaran atau produk pembiayaan, akan berhasil jika disesuaikan dengan benar. Bahkan metaverse akhirnya akan menjadi tempat pertemuan bagi klien potensial perbankan, itu bahkan bisa menjadi saluran orientasi baru.”(SAF)

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.