Gaspol, rights issue Bank KB Bukopin over subcribed!

- 17 Desember 2021 - 21:13

Gaspol, rights issue Bank KB Bukopin oversubscribed

digitalbank.id — KALAU ANGIN SEDANG bagus ikuti arahnya, itulah barangkali yang terjadi pada saham-saham bank digital di Indonesia. Apapun pergerakan di saham-saham bank digital selalu menarik perhatian investor.

PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) misalnya, baru-baru ini sukses merampungkan penawaran umum terbatas (PUT) VI melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

Perusahaan berhasil meraup dana Rp 7,04 triliun dari aksi korporasi tersebut. Bank KB Bukopin menerbitkan saham seri B sebanyak 35,1 miliar saham dengan harga Rp 200 per lembar.

Direktur Bank KB Bukopin, Helmi Fakrudin, mengatakan, rights issue tersebut mengalami kelebihan permintaan dari investor atau oversubcribed.

“Rights issue ini mengalami kelebihan permintaan 3,9 miliar saham sehingga dilakukan pengembalian Rp 780,14 miliar,” katanya dalam paparan publik virtual, Jumat (17/12).

Dia menambahkan, antusiasme investor dalam aksi korporasi ini sangat besar dimana ada 33,235 investor yang berpartisipasi.

Sementara Kookmin Bank menyerap seluruh haknya dalam rights issue ini sehingga kepemilikan sahamnnya tetap mencapai 67%. Sisanya, sebesar 1% dimiliki PT Perusahaan Pengelola Asea (PPA) dan 32% dimiliki masyarakat.

Sekitar 16% hasil rights issue bakal digunakan untuk investasi terkait dengan pengembangan teknologi informasi atau IT. Tujuannya untuk mengembangkan digital banking serta rebranding perseroan.

Selebihnya 84% akan digunakan untuk ekspansi kredit baru berkualitas baik, yang akan difokuskan pada segmen ritel dan link bisnis UKM, komersil, dan Indonesia-Korea business link.

Helmi yakin, keberhasilan rights issue inj akan jadi modal besar bagi perseroan dalam memperbaiki bisnis dan menorehkan pertumbuhan ke depannya. (SAF).

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.