Bank Indonesia akan luncurkan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) domestik dalam bentuk fisik awal Mei 2023

- 18 April 2023 - 20:42

digitalbank.id – Bank Indonesia (BI) memastikan akan menerbitkan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) domestik berbentuk fisik awal Mei 2023. KKP dipastikan tidak akan menggunakan VISA atau Mastercard, melainkan menggunakan sistem pembayaran domestik yakni gerbang pembayaran nasional (GPN).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan peluncuran KKP dijadwalkan akan dilakukan Bank Indonesia dan Kementerian Koordinasi bidang Perekonomian dalam acara Festival Ekonomi Keuangan 2023 pada 7-10 Mei 2023 di Jakarta. Festival ini menjadi salah satu rangkaian dari program keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023 ini.

“Memperkuat digitalisasi sistem pembayaran untuk meningkatkan efisiensi dan keuangan digital, antara lain QRIS antarnegara, seperti Indonesia dan Malaysia. Serta mengeluarkan KKP domestik fisik dengan berkoordinasi erat bersama pemerintah dan asosiasi kartu kredit Indonesia (AKKI). Keduanya akan kita luncurkan bersamaan pada festival pada awal Mei 2023,” katanya di Jakarta, Selasa (18/4).

Menurut dia, penerbitan KKP merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Bank Indonesia dalam mendorong peningkatan transaksi ekonomi dan keuangan digital.

Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan belanja pemerintah pusat dan daerah menggunakan kartu kredit seperti yang sudah diluncurkan beberapa bulan lalu. Akan tetapi, Jokowi tak mau mengandalkan VISA dan Mastercard. ■

Comments are closed.