Danamon Investment Mactching Fair, ajang seleksi bagi startup yang cari pendanaan

- 22 Oktober 2024 - 20:37

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) bersama dengan perusahaan induknya MUFG dan afiliasinya Adira Finance, Home Credit Indonesia, dan Zurich Asuransi Indonesia menggelar Danamon Investment Matching Fair pada Selasa (22/10). Kegiatan ini adalag untuk mendukung perkembangan starup di Indonesia.

Acara ini mengundang lebih dari 50 startup yang sedang berkembang dan tertarik untuk menentukan startup mana yang layak mendapatkan pendanaan dan dukungan kolaboratif. Perseroan dan afiliasinya memiliki MUIP Garuda Fund atau modal ventura yang memiliki dana investasi senilai US$100 juta yang berkolaborasi bersama MUFG dan MUIP.

Dana ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan startup di Indonesia, terutama yang bergerak di sektor digital dan fintech. Investasi ini difokuskan pada startup tahap Seri A ke atas, dengan rata-rata investasi sebesar US$ 5 juta per startup. Harapannya MUIP Garuda Fund adalah bisa mendorong pertumbuhan startup serta meningkatkan kolaborasi bisnis antara Danamon dan pelaku startup digital di Indonesia.

Ryusuke Hirota, Director overseeing Southeast Asia investments, MUIP, menjelaskan pentingnya peran MUIP Garuda Fund dalam mendukung ekosistem startup di Indonesia. Menurutnya, dengan total alokasi dana sebesar USD 100 juta, MUIP Garuda Fund berfokus pada investasi startup tahap Seri A ke atas.

“Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia, termasuk melalui pengembangan sinergi bisnis yang memperkuat jaringan, meningkatkan kapabilitas digital, dan memperluas kolaborasi dengan pelaku fintech di Indonesia,” katanya, Selasa (22/10).

Sementara Jin Yoshida, Global Alliance Strategy Director, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, menambahkan Danamon, MUFG, dan MUIP terus berupaya mendukung pertumbuhan startup di Indonesia melalui pendanaan dari MUIP Garuda Fund.

“Kami juga aktif melakukan investment matching seperti yang telah kami lakukan di Danamon Investment Matching Fair, sebagai bagian dari komitmen kami untuk memperluas ekosistem bisnis digital dan meningkatkan kolaborasi dalam sektor keuangan,” katanya.

Dia mengatakab melalui penyelenggaraan investment matching dapat mengidentifikasi peluang untuk memberikan dana investasi kepada startup yang dinilai memiliki potensi untuk bertumbuh dan menjadi sukses.

Untuk menjangkau lebih banyak start-up dan memperkenalkan MUIP Garuda Fund, Danamon juga turut berpartisipasi pada acara Tech in Asia (TIA) Conference 2024 yang diselenggarakan pada 23-24 Oktober 2024. Rencananya Danamon bersama MUFG, Adira Finance, Home Credit Indonesia, dan Zurich, memperkenalkan berbagai layanan berbasis digital yang dapat mendukung bisnis startup. ■

Comments are closed.