Tingkatkan efisiensi dan transparansi, BTN implementasikan ‘E2E Procurement’

- 2 September 2024 - 13:10

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus melakukan transformasi teknologi infomasi (TI) dan digital di berbagai aspek operasionalnya. Terbaru, BTN menerapkan sistem pengadaan terintegrasi end to end (E2E Procurement) sebagai bagian dari integrasi sistem ERP (Enterprise Resource Planning).

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, melalui penerapan sistem ini, BTN menargetkan peningkatan efisiensi, transparansi, dan kontrol yang lebih baik dalam seluruh proses pengadaan.

“Transformasi dalam proses procurement ini bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan dalam mengoptimalkan proses procurement maupun biaya dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik dan transparan. Adapun implementasi transformasi E2E Procurement BTN meliputi seluruh aspek pengadaan, mulai dari perencanaan, pengelolaan supplier, penawaran, inventory, hingga transaksi yang lebih akurat dan tepat waktu,” katanya, Senin (2/8).

Menurut dia, dengan proses yang terstandar dan optimal akan meminimalkan risiko hukum, risiko finansial dan risiko ketidakpatuhan terhadap kebijakan perusahaan dan regulasi.

Sementara itu, Direktur IT BTN Andi Nirwoto menambahkan, implementasi E2E di BTN merupakan langkah signifikan dalam upaya meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing bank dengan sistem yang terintegrasi dan canggih.

Hal ini merupakan salah satu hasil dari Transformasi TI di BTN. Sistem ini mencakup automasi dan integrasi dari seluruh proses pengadaan dan seluruh sistem BTN yang terkait secara real time. Halaman Berikutnya Dengan semua data tersimpan secara digital, proses analitik cost investment, pemenuhan tata kelola proses, dan pengelolaan penyedia jasa akan bisa dilakukan secara cepat.

“Pada akhirnya, inovasi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kinerja internal bank, tetapi juga memperkuat hubungan dengan nasabah dan mitra bisnis, serta mendorong pertumbuhan bisnis BTN secara keseluruhan,” papar Andi.

Direktur Asset Management BTN Elizabeth Novie Riswanti menambahkan, dengan proses kontrol yang terintegrasi, masing-masing kantor cabang BTN dapat menjalankan proses penyediaan barang dan jasa secara self service.

Dengan otonomi ini setiap kantor cabang dapat lebih responsif terhadap kebutuhan pengadaan lokal mereka, yang pada akhirnya mempercepat proses dan mengurangi ketergantungan pada kantor pusat. “Hal ini tentu akan memangkas waktu dan biaya distribusi dan tujuan akhirnya adalah meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada nasabah,” tegasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Novie, dengan tata kelola supplier yang lebih baik dan transparan mulai dari pendaftaran, pengelolaan kontrak hingga evaluasi akan menjaga BTN dari benturan kepentingan antara supplier dan pihak internal BTN sesuai amanat dari regulator. Sehingga terjalin komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik antara BTN dan penyedia barang dan jasa sehingga meningkatkan kinerja dan memperkuat hubungan bisnis.

“Melalui tahapan implementasi yang terencana dengan matang saat ini roll out telah dilakukan diseluruh kantor BTN. Semua proses akan tercatat dalam satu sistem sehingga BTN akan mampu membuat keputusan terkait inventory, procurement dan investrasi dengan berbasis data. Sejalan dengan perjalanan transformasi IT, khususnya Big Data, data dalam sistem akan menjadi salah satu data provider kedalam Big Data System,” katanya. ■

Comments are closed.