SFIA gandeng ESGpedia dorong transparansi data ESG di kawasan ASEAN

- 14 Agustus 2024 - 13:18

Sustainable Finance Institute Asia (SFIA) telah mengumumkan kemitraannya dengan perusahaan solusi data dan teknologi ESG (Environmental, Social, and Governance) terkemuka di Asia, STACS ESGpedia, sebagai mitra platform teknologi resmi untuk Inisiatif Single AccessPoint for ESG Data (SAFE).

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan laporan data ESG yang kredibel, komprehensif, dan konsisten di kawasan ASEAN dengan menutup kesenjangan data dan pengungkapan melalui teknologi ESGpedia yang akan menyederhanakan proses dan memungkinkan pelaporan terintegrasi bagi perusahaan.

Inisiatif SAFE merupakan pendekatan regional dalam menangani masalah data ESG dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, regulator, lembaga standarisasi, institusi keuangan, perusahaan, dan UKM, untuk memajukan data dan pengungkapan ESG di ASEAN dan seterusnya.

Penunjukan STACS ESGpedia sebagai mitra platform ESG resmi untuk inisiatif ini merupakan langkah penting dalam menyediakan alat yang diperlukan untuk mendukung perusahaan, UKM, dan institusi keuangan dalam perjalanan pelaporan keberlanjutan dan ESG mereka.

Kerja sama ini juga melengkapi Memorandum of Agreement (MoA) yang baru-baru ini ditandatangani oleh SAFE dengan Global Reporting Initiative (GRI) tentang Sustainability Innovation Lab (SIL). Untuk informasi lebih lanjut tentang inisiatif SIL, kunjungi https://www.sustainabilityinnovationlab.asia/. ESGpedia adalah platform yang berlisensi GRI.

Kemitraan lintas negara ini diumumkan setelah pertemuan Forum Pasar Obligasi ASEAN+3 ke-40 (ABMF) di Kumamoto, Jepang, di mana SFIA menandatangani MoA dengan GRI untuk meresmikan kolaborasi SAFE-SIL.

Pengumuman resmi ini mengikuti keberhasilan pelaksanaan uji coba SAFE dengan ESGpedia di berbagai pasar ASEAN, termasuk Filipina bersama PDS Group, Vietnam dengan Bamboo Capital Group, dan Indonesia dengan Funding Societies | Modalku pada tahun 2023.

Melalui kemitraan ini, SFIA akan bekerja sama dengan STACS ESGpedia untuk memanfaatkan platform ESGpedia, khususnya di pasar Asia-Pasifik, untuk memfasilitasi perjalanan ESG kawasan ini dengan serangkaian pengungkapan korporat rutin.

ESGpedia menyediakan platform digital yang menyederhanakan berbagai standar dan kerangka kerja ESG, serta alat digital untuk menghitung emisi GHG secara otomatis sesuai dengan Protokol GHG standar dan standar ISO14064, yang disesuaikan dengan faktor emisi di negara-negara kawasan Asia-Pasifik, sehingga perusahaan dapat memahami jejak karbon mereka.

Platform ini juga menawarkan kemampuan untuk menghasilkan Laporan ESG sesuai standar regulasi internasional dan lokal serta layanan analitik data dan visualisasi untuk perusahaan serta portofolio rantai pasokan atau layanan keuangan mereka.

Peluncuran platform STACS ESGpedia dalam Inisiatif SAFE sebagai Platform Teknologi yang dipilih, serta kolaborasi go-to-market antara SAFE dan SIL, sangat tepat di tengah percepatan kawasan Asia-Pasifik menuju ekonomi hijau, terutama dengan adanya pengungkapan iklim wajib yang akan datang dan kebijakan baru untuk mendukung praktik dan pelaporan berkelanjutan, termasuk pelaporan emisi GHG Lingkup 3.

Benjamin Soh, Pendiri dan Direktur Utama STACS ESGpedia, mengatakan, dengan meningkatnya kebutuhan pelaporan ESG yang mempengaruhi perusahaan di seluruh dunia, ada kebutuhan akan solusi di Asia untuk memberdayakan perusahaan di kawasan ini, memastikan rantai pasokan Asia tetap tangguh, berkelanjutan, dan kompetitif di tengah regulasi ESG global.

“Kami merasa terhormat ESGpedia menjadi platform ESG resmi yang mendukung Platform SAFE dan menyediakan solusi lengkap kami untuk mendukung perusahaan dari berbagai ukuran, dari hari pertama hingga kesiapan ESG penuh. Kami berharap dapat memperluas ekosistem mitra kami yang berkembang dengan agensi pemerintah, organisasi internasional, dan penyedia layanan keuangan, untuk memberikan solusi holistik bagi industri nyata di Asia sambil bersama-sama memajukan transisi keberlanjutan kawasan ini,” katanya.

SementaracEugene Wong, CEO Sustainable Finance Institute Asia, mengatakan bangga mengumumkan kemitraan kami dengan STACS ESGpedia, menyediakan teknologi kunci untuk Inisiatif SAFE sebagai Platform pelaporannya. Kolaborasi ini menandai tonggak penting dalam perjalanan kami menuju platform pengungkapan data ESG yang terpadu dan dapat diakses untuk kawasan ASEAN.

“Dengan memanfaatkan kapabilitas ESGpedia, kami percaya Platform SAFE akan memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan bagi perusahaan dari segala ukuran, terutama UKM, untuk mengungkapkan data ESG yang kredibel yang penting untuk mengakses pembiayaan berkelanjutan dan bersaing di rantai pasokan global. Bekerja dengan STACS ESGpedia dan SIL, Inisiatif SAFE mempromosikan interoperabilitas di seluruh standar dan yurisdiksi, serta mengembangkan kapasitas pengungkapan keberlanjutan untuk kawasan ini. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk mendorong transparansi, akuntabilitas, dan pengambilan keputusan yang terinformasi dalam ekosistem keuangan berkelanjutan di ASEAN dan pasar global,” tandasnya. ■

Comments are closed.