6 bank China masuk 10 besar ‘Top 1000 Worlds Bank 2024’ versi The Banker

- 16 Juli 2024 - 11:26

MESKIPUN PEREKONOMIAN CHINA tengah mengalami masa-masa sulit yang dipicu stagnasi di sektor properti serta lesunya sektor industri, hal itu tidak menyurutkan bank-bank besar China menjadi yang terkuat secara finansial di tingkat global.

Dari ‘Top 1000 Worlds Bank 2024’ yang baru dipublikasikan The Banker, 4 bank terbesar di China mempertahankan posisi mereka di Top 1000, dengan Industrial and Commercial Bank of China, China Construction Bank, Agricultural Bank of China, dan Bank of China bertahan di empat posisi teratas.

Menurut Kimberley Long, senior editor The Banker, yang menulis khusus mengenai sepak terjang perbankan China, bank-bank di negara itu telah menikmati peningkatan dari kembali menguatnya renminbi terhadap dolar AS, setelah periode pelemahan yang memengaruhi tingkat modal Tier 1 mereka dalam peringkat tahun lalu.

ICBC melihat peningkatan modal Tier 1 sebesar 5,25% menjadi US$523 miliar, mendapatkan kembali statusnya sebagai satu-satunya bank di dunia dengan modal Tier 1 lebih dari US$500 miliar. CCB yang berada di posisi kedua menikmati peningkatan modal Tier 1 sebesar 8,15% menjadi US$440 miliar, menempatkannya lebih dari US$83 miliar di belakang pesaingnya ICBC.

BoC adalah satu-satunya dari empat bank besar China yang mencatat peningkatan laba sebelum pajak dalam dolar pada tahun 2023, dengan kenaikan sebesar 1,69%. Satu-satunya bank lain di 10 bank teratas negara itu yang mengalami pertumbuhan laba sebelum pajak adalah China Merchants Bank, yang mengalami peningkatan sebesar 4,72%.

CMB naik satu peringkat dalam Top 1000 tahun ini ke posisi ke-10, menggeser HSBC keluar dari 10 besar. Pertumbuhan modal Tier 1 CMB sebesar 12,58% menempatkannya tepat di belakang sesama pemberi pinjaman asal Tiongkok, Bank of Communications. Tepat di luar 10 besar, Postal Savings Bank of China tetap berada di posisi ke-12, sementara Industrial Bank naik satu peringkat ke posisi ke-16.

Dalam peringkat negara Tiongkok, posisi pemberi pinjaman sebagian besar tidak berubah dibandingkan dengan tahun 2023. China Citic Bank naik satu peringkat ke posisi kesembilan, bertukar tempat dengan Shanghai Pudong Development Bank. Huishang Bank naik dari posisi ke-24 ke posisi ke-22, berkat peningkatan modal Tier 1 sebesar 21,09 persen.

Dalam peringkat kinerja terbaik negara tersebut, CMB mempertahankan posisinya di puncak klasemen, berkat skor tertingginya dalam profitabilitas, pengembalian risiko, kesehatan, dan leverage. Kinerjanya kurang baik dalam metrik pertumbuhan, berada di posisi kedelapan.

CCB naik dari posisi kelima tahun lalu ke posisi kedua dalam tabel kinerja terbaik, berkat peringkat pertama untuk efisiensi operasional, dan kedua untuk profitabilitas.

ICBC berada di posisi ketiga, dengan peringkat kedua untuk pengembalian risiko dan efisiensi operasional. Namun, bank hanya dapat menempati posisi kedelapan untuk leverage.

Di tempat lain dalam tabel dengan kinerja terbaik, Agricultural Bank of China menempati posisi pertama untuk pertumbuhan dan likuiditas, meskipun berada di posisi kelima dalam peringkat kinerja keseluruhan. Dan Postal Savings Bank of China menempati posisi pertama untuk kualitas aset, meskipun bank tersebut hanya dapat menempati posisi kesembilan secara keseluruhan. ■

Comments are closed.