OttoDigital dan OCBC kolaborasi berikan akses pembiayaan untuk UMKM

- 27 Juni 2024 - 10:02

Program ini diharapkan dapat memberikan solusi guna meningkatkan pelayanan, produktivitas dan pendapatan usaha, yang tujuan akhirnya untuk mencapai kesejahteraan finansial bagi para pelakunya,” katanya.

PT Bank OCBC NISP (OCBC) dan OttoDigital melalui lini bisnis PT Indoartha Perkasa Sukses mengumumkan kolaborasinya untuk menyediakan akses pembiayaan bagi pelaku usaha UMKM melalui pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Direktur PT Indoartha Perkasa Sukses Grace Sunarjo melalui siaran persnya mengtakan kolaborasi OCBC dan OttoDigital ini bertujuan meningkatkan aksesibilitas layanan solusi keuangan agar mudah dijangkau oleh target market.

“Ekositem usaha perlu diperkuat dengan solusi keuangan. Kami membuka akses layanan keuangan di berbagai platform yang kami kelola. Sisi lain untuk mencapai layanan keuangan digital yang lebih inklusif kami pun menyediakan layanan SDK (Software Development Kit) yang aman dan mudah diintegrasikan ke platform milik mitra distribusi dengan harapan memperoleh multiplier effect yang meluas,” ujarnya, Rabu (26/6).

Adapun keunggulan KTA CashBiz untuk pelaku usaha dan KTA CashLoan untuk perorangan adalah proses yang mudah dan simple, di mana proses peninjauan setiap pengajuan KTA dilakukan dalam waktu 3 hingga 5 hari kerja sejak menerima informasi yang diperlukan dari calon nasabah.

Program ini menawarkan jumlah pengajuan KTA hingga Rp200.000.000 dengan tenor pinjaman yang bervariasi mulai dari 6 bulan hingga 36 bulan dan bunga mulai 0,98 persen per bulan. Pengajuan kedua layanan tersebut dapat diakses melalui berbagai platform yang OttoDigital kelola dan partner distribusi yang telah bekerja sama.

Veronika Susanti, Digital Lending Division Head OCBC bilang, program referral customer dari OttoDigital kepada OCBC untuk memperoleh pembiayaan dirancang untuk mendukung ekosistem usaha OttoDigital, di mana mayoritas merupakan pelaku UMKM, baik itu individu maupun berbadan usaha, karyawan dan berbagai komunitas lainnya.

“Program ini diharapkan dapat memberikan solusi guna meningkatkan pelayanan, produktivitas dan pendapatan usaha, yang tujuan akhirnya untuk mencapai kesejahteraan finansial bagi para pelakunya,” katanya.

OCBC Business Fitness Index 2023 menemukan sebagian besar UMKM masih perlu meningkatkan kemampuan untuk mengelola kondisi keuangan usaha mereka.

Pasalnya, 53% pelaku usaha belum memiliki estimasi ataupun tidak paham cara membuat estimasi anggaran, pendapatan, dana untuk usaha berjalan hingga bagaimana mendapatkan dana darurat.

Bahkan, hanya 30% karyawan di Indonesia yang paham mengelola keuangan. Akibat kesadaran perencanaan yang rendah tersebut, kebanyakan ekosistem usaha, rata-rata 50% hanya memiliki dana cadangan yang dapat mendukung kegiatan operasional selama 1-4 bulan dan hanya 1% masyarakat Indonesia yang punya tabungan untuk kebutuhan mendesak mereka. ■

Comments are closed.