Sudah cuan, KoinWorks Bank akan integrasikan portofolio nasabah ke aplikasi KoinWorks

- 6 Juni 2024 - 14:41

KOINWORKS BANK mengumumkan sepanjang triwulan pertama 2024 mampu mempertahankan kinerja positif. KoinWorks Bank [semula BPR Asri Cikupa dan diakuisisi KoinWorks dan secara legal beroperasi dengan nama KoinWorks Bank pada Oktober 2023] yang memberikan layanan dengan konsep digital ini membukukan laba bersih Rp1,2 miliar pada kuartal I-2024.

Dalam waktu dekat KoinWorks Bank berencana mengintegrasikan portofolio nasabahnya ke dalam aplikasi KoinWorks melalui kerja sama dengan PT Sejahtera Lunaria Annua sebagai pengelola aplikasi KoinWorks.

Menurut Benedicto Haryono, Co-Owner KoinWorks Bank, bank telah membukukan profitabilitas sejalan dengan pertumbuhan signifikan pada kredit dan aset perseroan.

“Pencapaian ini sekaligus membuktikan KoinWorks Bank sebagai lembaga intermediasi keuangan yang sukses mencapai target usahanya,” ujarnya, Kamis (6/6).

Menurut dia, dengan capaian laba tersebut, return on asset (ROA) Koinworks Bank mencapai 2,73%. Padahal pada Oktober 2023 sebelum melakukan tranformasi bisnis, ROA bank ini masih minus 10,4%. Koinworks Bank juga berhasil melakukan efisiensi. Rasio beban operasional dan pendapatan operasional (BOPO) juga berhasil ditekan menjadi 77,3% per Maret 2024.

Adapun kredit bank ini per Maret sudah tumbuh 134% secara tahunan disertai dengan kualitas aset yang terjaga bank. Rasio Non Performing Loan (NPL) hanya 0,01%. Sehingga asetnya berhasil tumbuh 159% dari posisi Oktober 2023.

Benedicto yakin dengan kemampuan untuk menyediakan layanan keuangan yang cepat dan aman akan memberikan dampak positif yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat Indonesia.

Produk yang ditawarkan oleh KoinWorks Bank beragam, di antaranya deposito dengan tingkat suku bunga setara BPR yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan pinjaman dengan agunan aset tetap melalui proses yang mudah, nyaman, dengan persetujuan cepat.

Berbagai produk pinjaman yang ditawarkan meliputi pinjaman modal kerja usaha, pinjaman investasi untuk menunjang usaha, kredit kepemilikan rumah, hingga pinjaman multiguna. “Layanan kami di sini juga akan memfasilitasi UMKM agar dapat terlayani dengan maksimal untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka,” katanya.

Sementara itu, Joko Purwanto, Direktur Utama KoinWorks Bank mengatakan, pihaknya akan terus bergerak dan berproses menjadi bank yang besar dengan pertumbuhan yang berkualitas, dan terus memperkuat fondasi melalui pengembangan SDM, peningkatan infrastruktur bisnis, risiko dan operasional, dan hubungan dengan pemangku kepentingan.

Dalam waktu dekat, bank ini akan memindahkan kantor pusat ke BSD, Tangerang Selatan. Perseroan juga telah memiliki kantor kas di Jakarta Selatan yang telah beroperasi sejak November 2023.

“Pada tahun ini, KoinWorks Bank juga akan memperluas layanan dengan membuka cabang baru di Jabodetabek dan menggarap potensi pasar UKM komersil di beberapa kota di Indonesia.” ujar Joko.

KoinWorks Bank berencana mengintegrasikan portofolio nasabahnya ke dalam aplikasi KoinWorks melalui kerja sama dengan PT Sejahtera Lunaria Annua sebagai pengelola aplikasi KoinWorks. Dengan ini, kedua perusahaan akan berkolaborasi menyediakan fasilitas bagi seluruh pengguna untuk mengelola aset mereka dalam satu ekosistem KoinWorks. Langkah ini akan memungkinkan pengguna mengelola aset mereka dalam satu ekosistem KoinWorks yang terintegrasi.

KoinWorks Bank optimis dapat terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya dan menjadi bank besar yang tumbuh sehat dan berkualitas. Dengan tim yang solid dan berpengalaman, KoinWorks Bank siap untuk terus berinovasi dan memperluas jangkauan layanannya di Indonesia. ■

Comments are closed.