KB Bank lanjutkan sinergi dengan INKA Multi Solusi dukung industri perkeretaapian

- 27 Mei 2024 - 21:06

KB Bank (IDX: BBKP) kembali berkolaborasi dengan PT INKA Multi Solusi (PT IMS) dalam pengembangan ekosistem bisnis melalui kerja sama pembiayaan vendor (vendor financing).

PT IMS yang merupakan anak usaha dari PT Industri Kereta Api (Persero) yang bergerak di bidang jasa manufaktur produk perkeretaapian dan transportasi darat, berkomitmen mendorong peningkatan skala usaha dari mitra-mitra usahanya termasuk vendor-vendor dari PT IMS untuk mendapatkan kemudahan akses fasilitas pembiayaan dan transaksi keuangan dari KB Bank.

Penandatanganan kerja sama yang dilakukan di Banking Hall, Kantor Pusat KB Bank pada Senin (27/5/ 2024) ini turut dihadiri perwakilan dari KB Bank di antaranya Wakil Direktur Utama Robby Mondong, Direktur Bisnis UKM & Wholesale Yohanes Suhardi, Kepala Divisi Bisnis Baru Gi Tae Park, Kepala Divisi Bisnis Corporate Feisel Martha, Kepala Departemen Pinjaman Corporate I Yupiter Simbolon dan Kepala Departemen Pengembangan Bisnis Wholesale & Solusi Bisnis Baru Andrian Nursin.

Sementara perwakilan dari pihak PT Industri Kereta Api (Persero) turut hadir Direktur Keuangan, SDM, dan Manajemen Risiko Andy Budiman dan perwakilan dari PT IMS yaitu Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Muhammad Gufron Fadly, Kepala Divisi Keuangan Dini Martia Prastiti, serta Kepala Departemen Pendanaan dan Perbendaharaan Dewi Ayu Nuraini.

Sebelumnya, di tahun 2023 KB Bank dan PT IMS telah menandatangani kerja sama fasilitas pembiayaan untuk proyek pemesanan kereta, Pertashop, dan bus listrik. Sinergi keduanya kemudian terus berkembang termasuk dalam akses solusi pendanaan seperti fasilitas Letter of Credit (LoC) dan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), Kredit Modal Kerja, Bank Garansi serta Pinjaman Rekening Koran (PRK) dalam rangka proyek pemesanan kereta, pertashop, dan bus listrik.

“Kolaborasi kami dengan PT IMS adalah wujud nyata dari komitmen kami untuk tumbuh bersama nasabah-nasabah kami, sesuai dengan tagline kami yaitu ‘Kita Bisa karena Bersama,’ kami percaya bahwa pertumbuhan berkelanjutan hanya dapat dicapai melalui kolaborasi dan sinergi yang solid,” kata Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong.

Pertumbuhan sektor transportasi darat di Indonesia saat ini tengah menjadi salah satu sektor yang potensial. Sejumlah infrastruktur transportasi darat termasuk perkeretaapian merupakan salah satu fokus pemerintah Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. KB Bank mendukung agenda strategis pemerintah tersebut dengan turut ambil bagian melalui pengembangan produk-produk yang dapat menjadi solusi pembiayaan bagi industri yang terkait.

Sebagaimana diketahui, KB Bank telah menjalankan sejumlah inovasi dan solusi pembiayaan untuk industri transportasi melalui dealer financing bagi kendaraan penumpang hingga kendaraan niaga, serta kendaraan listrik dan alat berat.

Tak berhenti di satu sektor industri, tahun ini KB Bank juga terus berupaya mengembangkan berbagai inovasi solusi pembiayaan di sektor-sektor potensial lainnya seperti pertanian, perikanan, perdagangan, jasa pengolahan, dan sebagainya.

Terbaru, KB Bank telah memberikan fasilitas pembiayaan kredit kepada para petani tebu, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah Indonesia dalam mewujudkan ketahanan pangan dalam negeri. ■

Comments are closed.