Bank Mandiri tawarkan “KPR Hijau” untuk proyek properti bersertifikasi hijau

- 27 Mei 2024 - 17:19

Bank Mandiri melanjutkan inovasi dalam pembiayaan hijau dengan meluncurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijau. KPR Hijau adalah kredit pemilikan rumah untuk rumah yang dibangun dalam proyek properti yang memiliki sertifikasi bangunan hijau dari lembaga resmi.

Salah satu proyek unggulan dalam program ini adalah NavaPark BSD City di Tangerang Selatan, hasil kerjasama Sinar Mas Land dan Hongkong Land.

NavaPark BSD telah menerima sertifikasi Greenship Platinum dari Green Building Council Indonesia (GBCI) pada 2022, dengan penilaian meliputi berbagai aspek seperti peningkatan ekologi lahan, konektivitas, manajemen air, pengelolaan limbah, kesejahteraan komunitas, efisiensi bangunan dan energi, serta inovasi dan pengembangan masa depan.

Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto, menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan wujud komitmen Bank Mandiri dalam mendukung target pemerintah mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

“KPR Hijau menjadi salah satu kontribusi Bank Mandiri untuk meningkatkan daya tarik ekonomi berkelanjutan bagi nasabah dan pengembang, terutama di sektor properti,” ujarnya, Senin (27/5).

Menurut dia, melalui KPR Hijau, Bank Mandiri menawarkan promo menarik dengan suku bunga super spesial. Nasabah dapat memilih suku bunga 2,70% fixed selama 3 tahun atau 3,70% fixed selama 5 tahun. Untuk memberikan kepastian angsuran di tengah ketidakpastian pasar, tersedia juga suku bunga fixed berjenjang hingga 10 tahun mulai dari 3,97%. Promo ini berlaku hingga 31 Mei 2024 atau sesuai pemberitahuan lebih lanjut dari Bank Mandiri.

.Hingga Maret 2024, Bank Mandiri telah menyalurkan portofolio pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp 264,4 triliun atau 23,7% dari total kredit, meningkat 13,9% secara tahunan. Pembiayaan hijau mencakup Rp 130,5 triliun atau 11,7% dari total kredit, dengan kenaikan 19,7% secara tahunan. KPR Hijau sendiri telah menyalurkan Rp 6,7 triliun untuk bangunan bersertifikasi lingkungan.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Bank Mandiri mengintegrasikan kerangka Environment, Social, dan Governance (ESG) dengan produk keuangannya melalui pilar Sustainable Banking. Bank Mandiri berkomitmen menjadi juara keberlanjutan di sektor perbankan, terus mendukung pengembangan ekonomi rendah karbon di Indonesia. ■

Comments are closed.