Meskipun kondisi perekonomian di tiga bulan awal 2024 cenderung masih fluktuatif, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mampu meraih cuan alias laba bersih setelah pajak (NPAT) konsolidasi sebesar Rp831 miliar.
Direktur Utama (Dirut) Danamon Daisuke Ejime mengatakan, laba bersih perusahaan meningkat 2% secara tahunan (year-on-year/yoy).
“Laju kenaikan laba yang konsisten ini mencerminkan ketahanan finansial dan kekuatan strategis Danamon di tengah kondisi perekonomian yang berfluktuasi,” ujarnya, Senin (29/4).
Pendapatan operasional Danamon tumbuh sebesar 8% (yoy) menjadi Rp4,7 triliun. Sementara itu, pre-provisioning operating profit (PPOP) meningkat 14% (yoy) menjadi Rp2,3 triliun.
Hal itu, kata Daisuke, menunjukkan efisiensi bank dalam mengelola operasi intinya dan memperkuat pondasi untuk pertumbuhan investasi di masa depan.
Danamon juga membukukan rekor tertinggi dalam portofolio pinjamannya, dengan total kredit dan trade finance mencapai Rp179,7 triliun, atau meningkat sebesar 18% (yoy) didorong oleh pertumbuhan dari seluruh segmen bisnis.
Dari sisi pendanaan, Danamon mencatatkan peningkatan total dana pihak ketiga sebesar 14% (yoy) menjadi Rp143,2 triliun. Kendatipun pertumbuhan pendanaan beralih ke Deposito Berjangka di tengah situasi tingkat suku bunga yang lebih tinggi, granular funding dapat tumbuh sebesar 12% (yoy).
Sejalan dengan pertumbuhan kredit, Danamon terus berupaya menjaga kualitas aset yang sehat yang tercermin pada beberapa indikator kunci meliputi rasio loan at risk (LAR) (termasuk restrukturisasi COVID-19 yang masih direlaksasi) membaik sebesar 70 basis poin (bps) menjadi 12%.
Rasio cakupan Non-Performing Loan (NPL) berhasil meningkat menjadi 261,8%, dari 254,2% pada tahun sebelumnya, dan Rasio NPL gross juga membaik sebesar 20 bps menjadi 2,2%.
“Pencapaian ini merupakan awal yang baik pada tahun 2024. Ke depannya, Danamon akan terus bertumbuh sebagai Financial Group bersama dengan anggota lain dari Grup MUFG untuk mendukung pertumbuhan seluruh pemangku kepentingan dan perekonomian Indonesia,” ujar Daisuke.
Lebih lanjut, Daisuke menyampaikan bahwa perusahaan akan terus bertumbuh sebagai Financial Group dan mampu mendominasi ekosistem yang menjadi target untuk mencapai pertumbuhan dobel-digit dari sisi pinjaman dan pendanaan dengan profitabilitas yang berkelanjutan.
Sebagai bagian dari Grup MUFG bersama dengan Adira Finance, Home Credit Indonesia serta mitra strategis, Danamon berkomitmen untuk membantu nasabah dan mitra strategis untuk bertumbuh melalui berbagai program seperti Indonesia International Motor Show, Bridestory Market, dan Danamon Syariah Travel Fair. ■