PT BANK DANAMON INDONESIA TBK. (BDMN) hingga kuartal III-2023 mengantongi laba bersih setelah pajak konsolidasi sebesar Rp2,6 triliun atau meningkat tipis dibandingkan dengan kuartal III-2023 sebesar Rp 2,53 triliun.
Direktur Utama Bank Danamon Daisuke Ejima mengatakan akan terus mempertahankan dan berusaha melampaui pencapaian tersebut ke depannya, termasuk semakin menjajaki dan mengoptimalkan kolaborasi perusahaan dengan para pelaku bisnis dalam jaringan ekosistem MUFG.
“Kami berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam membangun fondasi kami untuk menopang pertumbuhan jangka panjang termasuk di bidang IT, Digital, SDM, dan jaringan kantor cabang sehingga kami dapat mewujudkan semangat ‘Grow with Us’ bersama nasabah dan komunitas melalui layanan kami,” ujarnya, Senin (30/10).
Menurut dia, sebagai bagian dari MUFG, grup jasa keuangan global terkemuka sekaligus bank terbesar di Jepang, Danamon didukung oleh kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG dalam melayani nasabah dan memfasilitasi pertumbuhan bisnis untuk memberikan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan.
Baca juga: Masuki usia ke-67, Bank Danamon mantapkan posisinya sebagai one-stop financial solution provider
Danamon menjadi enabler untuk mendukung pertumbuhan baik nasabah dan mitra bisnis, karyawan, komunitas, serta perekonomian Indonesia. Hal tersebut tercermin dengan Danamon yang menghadirkan solusi keuangan yang inovatif dan tepat agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.
Lebih lanjut dijelaskannya, pada kuartal III-2023, Bank Danamon mencatat margin bunga bersih (net interest margin/NIM) tumbuh 26 basis poin secara tahunan, berikut pendapatan operasional meningkat 7% year on year (yoy) menjadi Rp13,3 triliun.
Total Kredit dan Trade Finance tumbuh sebesar 18% (yoy) atau mencapai Rp 166,2 triliun, didukung oleh pertumbuhan kredit yang lebih kuat di semua segmen bisnis. Kontributor terbesar dari jumlah loan portfolio adalah Kredit segmen Enterprise Banking & Financial Institution yang mencapai Rp 75,6 triliun atau tumbuh 14% (yoy).
Sementara itu, kredit yang berasal dari pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) atau Adira Finance sebagai anak usaha Bank Danamon mencapai Rp 52,8 triliun, tumbuh 26% (yoy). Adapun pembiayaan baru Adira Finance tumbuh sebesar 39% (yoy).
Kredit Konsumer mencapai tingkat pertumbuhan tertinggi sebesar 31% (yoy) menjadi Rp15,3 triliun. Sementara Kredit UKM menunjukkan pertumbuhan 10% (yoy). Di tengah kondisi suku bunga yang tinggi, Danamon dapat mempertahankan pertumbuhan pendanaan granular sebesar 9% (yoy).
Di sisi lain, Bank Danamon menyeimbangkan pertumbuhan kredit yang tinggi dengan manajemen kualitas aset yang memadai. Tercermin dari rasio loan at risk (LAR) (termasuk restrukturisasi Covid-19 yang masih direlaksasi) berhasil turun menjadi 12,3%, membaik 190 bps (yoy). Perseroan juga meningkatkan cakupan kredit bermasalah (NPL coverage) mencapai 252,7% untuk mendukung pertumbuhan kreditnya.
Danamon berkomitmen untuk secara konsisten berinovasi dan meningkatkan kemampuan kanal distribusinya, baik secara fisik maupun digital, agar tetap relevan dan terus menerus memenuhi kebutuhan nasabah di semua segmen. Dalam rangka HUT ke-67, Danamon mempersembahkan DXPO by Danamon pada 20-23 Juli 2023 di Central Park Mall dengan tema ‘TUMBUH BERSAMA’.
Danamon mengadakan DXPO untuk menunjukkan berbagai kemampuan produk, layanan, dan kanal perusahaan; dan menegaskan kembali komitmennya untuk menjadi one-stop financial solution provider untuk semua kebutuhan keuangan nasabah baik ritel, UKM, maupun korporasi. DXPO by Danamon merupakan Expo travel, properti, otomotif, makanan & minuman, dan gaya hidup yang memberikan banyak promo bagi nasabah baru dan nasabah lama Danamon pada saat acara berlangsung.
Dalam DXPO ini, Danamon juga mengumumkan pemenang hadiah Danamon Hadiah Beruntun (DHB) putaran pertama 3 bulanan untuk wilayah Jabodetabek. DHB merupakan program undian bagi penempatan dana tabungan nasabah di Danamon yang memberikan kesempatan nasabah untuk memenangkan berbagai hadiah berkali-kali.
Lebih dari 50.000 pemenang di seluruh Indonesia dengan hadiah utama Tesla Model 3 dan Mercedes Benz C200, serta hadiah per kuartal seperti Innova Zenix Hybrid, Mitsubishi Xpander, dan logam mulia.
Danamon terus meningkatkan kemampuan aplikasi mobile banking-nya, D-Bank PRO. Hingga Kuartal III-2023, Danamon terus menambah dan menyempurnakan fitur-fiturnya, seperti penambahan biller baru, Mata Uang Asing (FCY) menggunakan live rate melalui Danamon LEBIH PRO, aplikasi digital Kartu Kredit untuk nasabah lama, dan masih banyak lagi fitur yang memudahkan nasabah dalam mengelola transaksinya.
Biller baru mencakup PBB, PDAM, Asuransi, Games, dan TV Streaming. Danamon LEBIH PRO merupakan rekening tabungan multi currency Danamon agar nasabah dapat menikmati kemudahan pengelolaan dana dalam 9 mata uang hanya dengan satu rekening.
Baca juga: Danamon siapkan belanja modal US115 juta dolar untuk transformasi digital
Nasabah lama dapat mendaftar rekening tabungan ini melalui D-Bank PRO. Selain itu, Danamon juga menawarkan promo cash-back bagi pengguna D-Bank PRO untuk bertransaksi di berbagai merchant.
Danamon terus melakukan transformasi jaringan kantor cabangnya melalui Konsep ‘Danamon Next Generation Branch’. Melalui konsep ini, Danamon meningkatkan fungsi kantor cabangnya agar tidak hanya menangani kebutuhan transaksi tetapi juga membuka peluang untuk membina hubungan yang lebih mendalam dengan nasabah melalui pengalaman perbankan yang lebih holistik.
Pada 2023, Danamon menargetkan transformasi 53 kantor cabang di seluruh Indonesia. Hingga akhir September 2023, Danamon telah merealisasikan transformasi sebanyak 29 kantor cabang, dengan mayoritas berlokasi di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Medan. ■
Bank Danamon tingkatkan capex IT hingga US$115 juta pada 2024 - digitalbank.id